Pengamat Akui Quick Count JSI Ter-Presisi

Minggu, 03 Februari 2013 – 03:00 WIB
MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sulsel telah menetapkan hasil rekapitulasi  penghitungan suara Pilgub Sulsel, Kamis, (31/1). Hasilnya pun tak berbeda jauh dengan hasil hitung cepat (quick count) oleh sejumlah lembaga survei yang menempatkan pasangan Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu'mang (Sayang) sebagai peraih suara terbanyak di Pilgub Sulsel 2013.

Berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara KPUD Sulsel, pasangan Sayang mendulang perolehan 52,42 persen suara, disusul pasangan Ilham Arief Sirajuddin-Aziz Qahhar Mudzakkar (IA) mendapat 41,57 persen suara, dan posisi paling buncit ditempati pasangan A Rudiyanto Asapa-A Nawir Pasinringi dengan raihan 6,01 persen.

Ada lima lembaga survei yang melakukan hitung cepat Pilgub Sulsel pada 22 Januari lalu. Masing-masing Citra Publik Indonesia (CPI), Adhyaksa Supporting House (ASH), Indo Barometer, Celebes Research Center (CRC), dan Jaringan Suara Indonesia (JSI).

Dari lima lembaga survei itu, tentu ada yang paling presisi dari hasil real count KPUD Sulsel. Cara mengetahui presisi yakni merata-ratakan selisih/simpangan hasil hitung cepat dengan real count masing-masing pasangan. Deviasi (simpangan) yang terkecil adalah yang paling presisi. Begitu juga sebaliknya.

Hasilnya, quick count JSI dinyatakan yang paling presisi yakni 0,42 persen, lalu lembaga survei CRC dengan rata-rata selisih absolut sebesar 0,53 persen, disusul CPI 0,58 persen, ASH 1,00 persen, dan Indo Barometer sebanyak 1,24 persen.

Pengamat politik Adi Suryadi Culla juga berpendapat yang sama. Menurutnya, presisi JSI yang paling mendekati real count KPU Sulsel, karena ketepatan dalam metode dan pengambilan sample di lapangan. "Harus kita akui itu. Di luar daripada kedekatan JSI sebagai konsultan salah satu kandidat, metode dan pengambilan sample JSI yang tepat, merupakan keunggulan mereka," terang Adi dalam keterangan persnya, Sabtu (2/1)

Masih menurut dosen Ilmu Politik Unhas ini, presisi JSI yang paling mendekati real count KPU juga membuktikan integritas lembaga survey ini. Nyaris, di beberapa pemilukada tingkat kabupaten atau propinsi, JSI selalu tampil sebagai yang terunggul. "Soalnya, integeritas itu menjadi taruhan. Saya rasa JSI berhasil mempertahankan integeritas itu," tutupnya. (awa/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... PKS Daerah Janji Solid

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler