Pengamat: Janji Capres Belum Sentuh Masyarakat

Kamis, 19 Juni 2014 – 18:17 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat politik dari LIPI Indria Samego menilai saat ini semua calon presiden masih memberikan janji yang mengawang-awang kepada masyarakat.

Janji-janji itu dianggapnya kurang membumi dan menyentuh langsung sesuai apa yang diinginkan dan dibutuhkan masyarakat.

BACA JUGA: Jaksa Agung Tegaskan Penyidikan Belum Menyangkut Jokowi

"Semua capres mengawang, tidak ada pemahaman membumi. Tanpa pemahaman membumi, gagasannya seperti hanya 'shopping list' masih abu-abu," kata Indria Samego dalam diskusi bertema Sosok Capres-Cawapres Solutif Bagi Permasalahan Bangsa Lima Tahun Ke Depan, di Jakarta, Kamis (19/6).

Selain itu, Indria mengaku para capres terlalu Jakarta sentris. Padahal lebih banyak lagi masalah yang dihadapi masyarakat di luar Jakarta dan luar Jawa. Terutama daerah Indonesia Timur.

BACA JUGA: Rajai Hasil Survei, Kubu Jokowi-JK Tak Mau Terlena

"Pemimpin sekarang hanya melihat Indonesia secara makro. Akibatnya, masyarakat tidak dapat apa-apa dalam proses demokrasi lima tahunan, kecuali kaos, serangan fajar dan model-model seperti itu. Mereka keliling tapi janjinya tidak menyentuh," kata Indria.

Janji mensejahterakan masyarakat, kata dia, harus dibuktikan Presiden terpilih melalui kebijakan yang pro rakyat. Tidak hanya janji belaka. (flo/jpnn)

BACA JUGA: KPK Geledah Kementerian PDT Sejak 10.00 WIB

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ombudsman Keluhkan SBY Sulit Ditemui


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler