Pengamat: Maksud Jokowi Soal Sosok Mampu Berlari Kencang Adalah Ganjar

Sabtu, 12 Agustus 2023 – 23:58 WIB
Bakal Capres 2024 Ganjar Pranowo. Foto: Ricardo/JPNN.

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai ungkapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal sosok pemimpin yang mampu lari maraton mengarah kepada bakal calon presiden PDI-P Ganjar Pranowo.

Presiden Joko Widodo mengungkapkan empat kriteria calon pemimpin yang dibutuhkan Indonesia ke depan, pada pertemuan bersama para pimpinan redaksi di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (10/8).

BACA JUGA: Saga Gerilya di Sumbar, Warga Deklarasi Dukung Ganjar Pranowo

Kriteria tersebut di antaranya adalah Indonesia membutuhkan sosok pemimpin yang berani, konsisten, punya nyali dan mampu 'lari maraton'.

"Ya saya kira dari empat kriteria yang disampaikan oleh Jokowi mungkin calon-calon lain itu ada Anies misalnya ataupun Prabowo Subianto termasuk Ganjar adalah sosok yang saya kira punya konsistensi dan keberanian gitu ya," ujar Adi kepada JPNN, Sabtu (12/8).

BACA JUGA: Ganjar Sejati Gelar Pelatihan Masak Japanese Food di Kabupaten Bandung

Namun, menurut dia, ungkapan terkait 'lari maraton' tersebut diduga sebagai sinyal dukungan Joko Widodo untuk Ganjar Pranowo.

Adi menjelaskan bila soal 'berlari', Bacapres PDI-P Ganjar Pranowo merupakan figur yang sat-set dalam menghadapi suatu permasalahan.

BACA JUGA: Ganjar Bikin Pertumbuhan Ekonomi Jateng Naik di Triwulan II 2023

Hal ini terbukti dari kepemimpinan Ganjar selama memimpin dua periode sebagai Gubernur Jawa Tengah.

"Namun, ketika bicara tentang bahwa pemimpin itu adalah mereka yang mampu berlari kencang seakan-akan itu mengarah kepada Ganjar Pranowo karena selama ini capres yang terindentifikasi memiliki hobi dan kegemaran berlari, belanja masalah-masalah rakyat secara langsung hanyalah Ganjar Pranowo," terang dia.

Adi menyebut kode Jokowi tersebut merupakan hal yang lumrah. Sebab, sebagai orang Jawa, Jokowi kerap memberikan kode-kode dukungan secara tidak langsung.

"Jokowi inikan orang Jawa tentu bahasa dukungan politiknya tidak disampaikan secara eksplisit tapi menggunakan bahasa-bahasa kiasan dan bahasa-bahasa semantik," kata dia.

Untuk itu, dia pun menegaskan bahwa Ganjar Pranowo sangat merepresentasikan kode 'lari' tersebut sehingga memenuhi kriteria untuk melanjutkan kepemimpinan Jokowi.

"Publik mengira, publik menduga ketika Jokowi menyebut bahwa pemimpin adalah mereka yang mampu berlari kencang, itu rasa-rasanya mengarah kepada Ganjar Pranowo bukan yang lain," ujar dia. (cuy/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... JAKA Mengusulkan PDIP Pasang Ganjar - Khofifah di Pilpres 2024


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler