Pengamat: Sandiaga Paket Komplet Capres 2024

Senin, 13 Desember 2021 – 19:32 WIB
Sandiaga Uno. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno sebagai paket komplet calon presiden pada Pilpres 2024.

"Dilihat dari berbagai karakteristik pemilih Sandiaga memiliki semuanya,” ujar dia dalam diskusi berjudul Dampak Elektoral Prestasi Menteri Pada Pilpres 2024 yang digelar di Jakarta, Minggu (12/12).

BACA JUGA: Survei ASI: Sandiaga Uno Masuk Radar Capres Potensial 2024

Adi yang juga seorang pengamat politik mengatakan karakteristik pemilih Sandiaga adalah umat Islam yang belum dimiliki para kandidat capres lainnya.

Selain itu, nama Sandiaga juga selalu muncul dalam berbagai survei capres. Hal tersebut disebabkan banyaknya prestasi yang diraih oleh Sandiaga serta kinerjanya yang baik dan konsisten.

BACA JUGA: Sandiaga Uno Dorong Pelaku Usaha Memaksimalkan Era Digital

“Sandiaga dibandingkan dengan menteri lainnya cukup diperhitungkan dan dianggap layak, serta potensial di 2024,” tegas dia.

Sementara salah satu peneliti di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Wasisto Raharjo Jati mengatakan saat ini banyak menteri yang berpeluang menjadi capres maupun cawapres di 2024.

BACA JUGA: Selain Ganjar dan Prabowo, Sandiaga Uno Berpotensi jadi Capres Alternatif 2024

Namun, kebanyakan para menteri itu belum menunjukkan taji politik atau keinginan lebih apakah mau bermanuver pada Pilpres 2024.

“Tetapi ada beberapa nama seperti Menparekraf Sandiaga Uno, Menkeu Sri Mulyani, atau Mensos Risma,” ujar Wasisto.

Dia menyebut Sandiaga berbeda dengan menteri lainnya. Sebab, Sandiaga sudah berinvestasi sejak awal dan melakukan tebar pesona dalam hal kebaikan atau positif.

“Tentunya positif bagi para pelaku UMKM dan sektor informal. Karena sektor UMKM dan informal terbesar di Indonesia hampir 60 persen masyarakat ada di sana,” kata dia. (cuy/jpnn)


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler