Pengamat Sebut Erick Thohir Berpotensi Mengangkat Elektabilitas Capres

Rabu, 14 Juni 2023 – 13:19 WIB
Menteri BUMN dan juga Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Guru Besar Universitas Airlangga Prof Hotman Siahaan menilai Menteri BUMN Erick Thohir bisa mengangkat elektabilitas calon presiden (capres) apabila dipilih sebagai cawapres.

Pasalnya, banyak masyarakat yang menginginkan menteri andalan dan kepercayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini menjadi cawapres di kontestasi demokrasi mendatang.

BACA JUGA: Gagas Laga Indonesia vs Palestina, Erick Thohir Panen Pujian

Erick dinilai cocok menjadi cawapres dari capres PDI Perjuangan Ganjar Pranowo maupun capres Gerindra Prabowo Subianto.

Terbukti berdasarkan survei yang dilakukan Poltracking Indonesia dalam simulasi elektabilitas calon presiden-wakil presiden periode Februari 2023 sampai April 2023, nama Prabowo Subianto-Erick Thohir sukses menduduki peringkat pertama.

BACA JUGA: Tanggapan Erick Thohir Soal Kabar Messi Batal ke Indonesia

Prabowo Subianto-Erick Thohir mengungguli kandidat lainnya yaitu Ganjar Pranowo-Sandiaga Uno. Selain itu, masih di survei yang sama, pasangan Ganjar Pranowo-Erick Thohir juga berhasil menduduki peringkat pertama.

Ganjar Pranowo-Erick Thohir berhasil meraup estimasi suara sebesar 30,4 persen dan menjadi capres cawapres pilihan utama masyarakat.

BACA JUGA: Layak jadi Cawapres, Erick Thohir Punya Daya Tarik Bagi Generasi Muda

“Artinya baik yang bersimpati kepada Prabowo Subianto dan juga Ganjar Pranowo sebagai capres, itu menganggap Erick Thohir bisa mengangkat dan menambah elektabilitas,” kata pengamat politik itu kepada wartawan, Rabu (14/6).

Di samping itu, secara personal Erick Thohir juga memiliki angka elektabilitas tinggi sebagai cawapres.

Terekam dalam hasil survei terbaru dari Indikator Politik Indonesia, Ketum PSSI ini memperoleh elektabilitas tertinggi di simulasi 18 nama cawapres.

Erick memiliki elektabilitas sebesar 15,5 persen. Sedangkan dari hasil survei Poltracking Indonesia, elektabilitas cawapres Erick Thohir berada di peringkat pertama juga yakni di angka 17,1 persen di simulasi 10 nama.

Menjelaskan hal tersebut, Hotman mengatakan Erick Thohir memiliki banyak keunggulan yang tidak dimiliki oleh kandidat cawapres lainnya.

Di antaranya adalah portofolio kepemimpinan yang luar biasa di Kementerian BUMN dan PSSI serta kader Nahdlatul Ulama sebagai Anggota Kehormatan Banser dan Ketua Steering Committee (SC) Panitia Harlah ke-100 NU.

“Jadi, kan lebih kepada kemampuan pribadinya selama ini, yang bisa dianggap oleh masyarakat sebagai memberi nilai lebih dari kedua pasangan ini, yakni Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto,” terang Hotman.

“Di situ keunggulannya yang mungkin tidak dimiliki oleh kandidat lain," pungkas dia. (cuy/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Erick Thohir Cawapres Potensial dari Kalangan Nahdiyin


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler