Pengganti Jafar Hafsah Harus Loyalis dan Pintar Bergaul

Jumat, 24 Februari 2012 – 18:31 WIB

JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Max Sopacua enggan mengomentari figur yang layak untuk menjadi M Jafar Hafsah di kursi Ketua Fraksi PD (FPD) di DPR. Menurutnya, keputusan akhirnya ada di tangan Ketua Dewan Pembina (Wanbin) PD, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Menurut Max, SBY selaku Ketua Wanbin jelas punya penilaian terhadap semua kader PD di DPR. "Biarkan beliau (SBY) yang memutuskan," kata Max, saat dihubungi wartawan, Jumat (24/2), di Jakarta.

Terkait pernyataan Ketua Departemen Komunikasi PD, Ruhut Sitompul yang menyebut Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PD, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) layak menjadi Ketua FPD, dengan tegas Max menyatakan penilaian itu sebagai suatu kewajaran. "Wajar saja pendapat itu. Siapa saja yang punya kapasitas dan dua acuan yang saya sampaikan, tidak ada salahnya," katanya.

Namun demikian, Max mengaku belum ada pembicaraan mengenai pergantian Ketua FPD. Tapi, Max tidak menampik kalau opini pergantian Ketua FPD, memang sudah bergulir di media massa.

Karenanya mantan wartawan itu hanya menyodorkan sejumlah syarat bagi Ketua FPD di DPR, yakni memiliki good relationship  dan loyalitas. Menurutnya, dua hal itu harus menjadi acuan kalau ingin jadi Ketua FPD. "Jadi, tidak hanya sekedar pintar bicara saja," katanya.

Orang dekat Ketua DPR RI Marzuki Alie itu menambahkan, Ketua FPD harus memiliki hubungan baik dengan anggota fraksinya maupun delapan fraksi lain di DPR. Sebab, Ketua Fraksi itu cermin dari partainya di DPR. "Harus merangkul anggotanya dan semua pihak," ujarnya.(boy/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Khofifah Dukung Dede Ikut Pilkada


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler