Pengikut Ustaz Kondang Terbelah Pilpres

Mayoritas Pengikut Arifin Ilham Dukung Jokowi, Sebagian Besar Jemaah Habib Rizieq Pilih Prabowo

Kamis, 15 November 2018 – 00:00 WIB
Paparan hasil survei LSI Denny JA di Jakarta, Rabu (14/11) tentang pengaruh ulama secara elektoral di Pemilu 2019. Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyigi arah dukungan pengikut para dai kondang di Pemilihan Presiden (Pilpres). Berdasar survei pada 10-19 Oktober 2018, LSI menemukan dukungan para pengikut dai kondang terhadap calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) terbagi pada dua kubu yang bersaing.

Survei LSI terhadap 1.200 responden menunjukkan ada lima dai yang punya pengaruh kuat secara elektoral karena imbaunnya diikuti para pengikutnya. Yakni Abdul Somad (30,2 persen). Arifin Ilham (25,9 persen), Yusuf Mansur (24,9 persen), Aa Gym (23,5 persen) dan Habib Rizieq (17 persen).

BACA JUGA: Kapitra Bingung Alumni 212 Getol Dukung Prabowo - Sandi

Dari kelima pendakwah kondang itu, basis pendukungnya terbelah ke kubu Joko Widodo - KH Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto - Sandiaga S Uno. "Preferensi politiknya cenderung terbagi," kata peneliti LSI Ikrama Masloman dalam paparan hasil survei bertajuk Ulama dan Efek Elektoralnya di Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (14/11).

Ikrama lantas memerinci pengikut Abdul Somad. Ada 54,3 persen pengikut pendakwah asal Riau itu yang mendukung Prabowo - Sandi, sedangkan 38,6 persen lainnya memilih Jokowi - Ma’ruf.

BACA JUGA: Kapitra Tuding Prabowo-Sandi Hanya Manfaatkan Umat Islam

Adapun sebagian besar atau 48,7 persen pengikut Ustaz Arifin Ilham adalah pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin. Adapun pengikut Arifin Ilham yang memilih Prabowo - Sandi ada 45,7 persen.

Hal serupa terjadi pada pengikut Yusuf Mansur. Mayoritas atau 49 persen pengikutnya adalah pendukung Jokowi - Ma’ruf, sedangkan yang mendukung Prabowo - Sandi ada 44,4 persen.

BACA JUGA: PP Imbau Anak Bangsa Hadapi Situasi Politik dengan Bijak

Mayoritas pengikut Aa Gym juga menjadi pendukung Jokowi - Ma’ruf. Angkanya 49,2 persen.

Sedangkan pengikut Aa Gym yang mendukung Prabowo - Sandi hanya berselisih 3 persen dari Jokowi - Ma’ruf. Yakni 46,2 persen.

Adapun mayoritas atau 63 persen pengikut Habib Rizieq adalah pendukung Prabowo - Sandi. Sedangkan pengikut Rizieq yang mendukung Jokowi - Ma’ruf ada 31,5 persen.

"Jokowi - Ma'ruf unggul di pengikut Arifin Ilham, Yusuf Mansur dan Aa gym. Sementara Prabowo Subianto unggul di pengikut Abdul Somad dan Habib Rizieq Shihab," pungkasnya.

Sebagai informasi, LSI Denny JA melakukan survei pada 10 -19 Oktober 2018 dengan jumlah responden 1.200 orang. Survei dengan metode multistage random sampling memiliki margin of error plus/minus 2,8 persen.(ce1/aim/JPC)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Penjelasan Terbaru Kiai Maruf soal Budek dan Buta


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler