Pengin Proses Editing Ringkas dan Mudah, Coba Pakai Wondershare Filmora

Kamis, 08 Juni 2023 – 20:19 WIB
Wondershare Filmora adalah salah satu software video editor yang bisa digunakan di PC. Foto: tangkapan layar Wondershare Filmora

jpnn.com, JAKARTA - Pembuatan konten menarik tak pernah luput dari proses editing dengan mengubah footage menjadi sebuah sajian yang menarik dengan tambahan beberapa efek yang berbeda.

Video yang menarik juga akan membawa banyak viewer.

BACA JUGA: 5 Software Akuntansi Terbaik bagi Perusahaan, Nomor 1 Banyak Fitur Menarik

Oleh karena itu, agar video tersebut bisa menarik, maka kita perlu mengeditnya terlebih dahulu.

Banyak orang yang merasa bahwa pekerjaan edit video itu sulit dan rumit untuk dilakukan.

BACA JUGA: 8 Keuntungan Menggunakan Software HRD untuk Perusahaan, Simak!

Bayangkan saja, untuk bisa menghasilkan sebuah konten yang utuh, ada proses editing panjang yang melibatkan pemotongan video, penambahan musik, pengeditan visual, dan lain sebagainya.

Tentu saja, bagi seorang pemula, semua hal ini akan sangat membingungkan, terutama bagi siapa saja yang ingin mengedit sebuah konten untuk pertama kalinya.

BACA JUGA: Baru Dirilis, Software Buatan Anak Indonesia, Automa Makin Menanjak

Menjawab segala permasalahan tersebut, hadirlah sebuah software edit video di PC yang bernama Wondershare Filmora!

Wondershare Filmora adalah salah satu software video editor yang bisa digunakan di PC. Software ini bisa digunakan secara gratis, walaupun memang ada keterbatasan dalam segi fiturnya.

Wondershare Filmor hadir sebagai salah sato software edit video terbaik di PC yang bisa digunakan di mana saja dan kapan saja.

Di artikel ini kami akan mereview software Wondershare Filmora dengan melihat apa saja aspek yang ditawarkannya, serta menimbang apa kelebihan dan kekurangan yang ada di dalamnya.

Namun, jika kebutuhan kalian masih tergolong ringan, fitur yang ada pada versi gratisnya sudah lebih dari cukup untuk bisa menghasilkan sebuah video yang menarik.

Jika kalian membutuhkan fitur untuk mengupload video dengan cepat, Wondershare Filmora juga sudah punya jawabannya.

Bagi para pemula yang sedang ingin mencari software editing yang tepat, Wondershare Filmora bisa menjadi jawabannya.

Software ini bisa menjadi solusi yang lebih praktis dibandingkan dengan software abal-abal yang banyak tersedia di internet.

Tahukah kalian tempat mendownload software bajakan biasanya disusupi dengan virus? File yang kalian download bisa saja mengandung virus dan malware yang berbahaya untuk device kalian.

Bukannya untung, kalian malah justru akan kesusahan ketika device terkena hack atau file yang ada di dalamnya menjadi corrupted.

Maka dari itu, software-software gratis seperti Filmora ini lah yang bisa menjadi jawabannya. Selain download yang aman, kalian juga sudah bisa mendapatkan sebuah software edit video yang praktis, namun tetap fungsional.

Hal menarik yang ditawarkan dari software edit video di PC ini adalah soal aspek kepraktisan.

Filmora sendiri sudah menjamin proses editing yang praktis dan tidak bertele-tele. Bahkan saking praktisnya, ada fitur untuk membuat video secara otomatis bagi kalian yang membutuhkan video dalam volume yang lebih banyak.

Dengan menggunakan fitur ini, tidak perlu lagi mengedit video secara manual satu per satu. Selain fitur ini, ada banyak sekali fitur yang bisa kalian dapatkan di versi yang lebih premium.

Fitur Apa Saja yang Ditawarkan Oleh Wondershare Filmora?

Berbeda dengan software editing lainnya, Filmora menggunakan sistem yang lebih praktis di mana pengguna bisa memindahkan file secara langsung kedalam software dengan drag and drop.

Sistemnya serupa dengan mengunggah video secara online ke Google Drive. Yang hanya perlu kalian lakukan hanyalah mengklik file yang ingin diedit, kemudian drag kedalam lembar edit kalian. Semudah itu. Barulah setelah semua file dipindahkan, proses editing bisa segera dimulai.

Selain daripada itu, kemudahan akses juga ditawarkan lewat UI yang nampak simpel. Bentuknya tidak bertele-tele, penggunaan warnanya cukup netral di hijau kebiru-biruan dan ada campuran warna hitam. Untuk soal akses, tombol-tombol yang ada sudah cukup menjelaskan.

Ada juga fitur-fitur lain yang bisa kalian dapatkan dari Wondershare Filmora, seperti:

1. Audio Edit

Seperti namanya, fitur ini akan berguna bagi kalian yang ingin mengedit audio dari sebuah video. Pengeditan audio ini sangat beragam fungsinya, mulai dari pengeditan efek, penambahan musik, dan lain sebagainya.

Menariknya, Wondershare Filmora juga sudah mengintegrasikan AI ke dalam sistemnya. Jadi, hasilnya pun akan lebih menarik dan fungsinal.

Misalnya saja, ada fitur text-to-speech yang berguna bagi kalian yang ingin menambahkan suara narator tapi kurang percaya diri dengan suara sendiri. Kalian tinggal memilih profil suaranya, dan fitur ini akan secara otomatis mengeluarkan suara yang inputnya berasal dari tulisan.

Sementara itu, fitur speech-to-text bisa berguna untuk membuat subtitle secara otomatis tanpa harus kerepotan memperhatikan dialog satu per satu.

2. AI Copywriting

Sebelum melakukan syuting dan edit video di PC, biasanya orang-orang akan membuat script terlebih dahulu agar mereka tidak terbata-bata ketika membuat konten. Memang, kalian bisa saja membuat konten tatap muka tanpa adanya script.

Namun, hal ini bisa kalian lakukan ketika sudah terbiasa berbicara di depan kamera, atau memiliki skill public speaking yang bagus. Nah, lalu bagaimana jika tidak? Ya script-kah jawabannya.

Fitur AI Copywriting ini akan bekerja secara otomatis untuk membuatkan kalian sebuah script untuk kebutuhan konten.

3. AI Portrait

Fitur lain yang masih terlibat dengan AI yang ada di software video editor ini adalah AI Portrait. Kalian bisa memakai fitur ini untuk menghapus background yang ada pada gambar atapun video. Dengan begitu, objek-objek yang terasa mengganggu bisa dikurangi atau bahkan dihapus sehingga hanya menyisakan objek pada bagian depan.

4. Audio Synchronization

Berfungsi untuk mensinkronisasikan audio ketika gambar diambil dengan beberapa kamera di waktu yang sama. Berguna untuk pengeditan video konten ataupun podcast.

5. Instant Mode 

Dengan fitur ini, pengguna sudah bisa mendapatkan video yang menarik dengan waktu yang sangat cepat. Yang hanya kalian perlu lakukan adalah memberiakn input yang dibutuhkan. Barulah setelah itu fitur ini akan bekerja secara otomatis untuk menghasilkan video yang menarik.
Masks

Berguna untuk menambahkan masking pada keyframe.

6. Green Screen

Fitur yang digunakan ketika kalian mengedit footage yang menggunakan green screen.

Berapa Harganya?

Untuk bisa menggunakan segala macam fitur premium di software video editor untuk Windows, maka kalian harus membayar biaya berlangganan mulai dari Rp 300 ribuan. Berikut detail biayanya:

  • Paket Tiga Bulan: Rp 310.000,-
  • Paket Tahunan: Rp 699.000,-
  • Paket Perpetual: Rp1.099.000,-.

Spesifikasi Minimum

Untuk bisa lebih lancar menggunakan sofware edit video ini, maka pastikan komputer atau laptop kalian sudah memenuhi persyaratan minimal sebagai berikut:

  • Processor: i3 2Ghz
  • VGA: Intel HD Graphics 5000 atau Nvidia GTX 700
  • RAM: 8 GB
  • Storage: 1 GB.

(jpnn)


Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Elvi Robiatul, Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler