Pengobatan Alami Atasi Sembelit

Senin, 07 Mei 2018 – 16:31 WIB
Ilustrasi sakit pada perut.

jpnn.com - Konstipasi atau sembelit adalah masalah kesehatan sistem pencernaan yang paling sering terjadi.

Hal ini dikarenakan terdapat banyak faktor yang memengaruhi kerja usus sehingga menyebabkan sembelit, mulai dari komplikasi suatu penyakit hingga kondisi mental seperti saat sedang stress.

BACA JUGA: 7 Makanan yang Harus Dihindari saat Sedang Sembelit

Sembelit yang bukan dipicu oleh kondisi penyakit yang serius bisa dengan mudah diatasi dengan menerapkan gaya hidup dan tidak selalu memerlukan obat-obatan.

Pencernaan makanan di dalam usus tidak hanya menyerap nutrisi, namun juga sebagian besar air dari bahan makanan yang kita konsumsi.

Sembelit sendiri ditentukan berdasarkan pergerakan usus atau frekuensi buang air besar yang kurang dari normal, sekitar kurang dari tiga kali per minggu.

Sembelit ditandai dengan feses yang terlalu kering, terlalu sedikit dan menimbulkan rasa sakit ketika dikeluarkan.

Kondisi ini sangat mungkin dialami jika makanan yang konsumsi Anda terlalu kering, kurang mengandung serat buah dan sayur, serta konsumsi air minum yang sangat sedikit.

Berikut ini beberapa natural remedies atau pengobatan alami untuk membantu sembelit, seperti dilansir laman Care2, Minggu (6/5).

1. Makan Diet Serat Tinggi

Tambahkan lebih banyak buah dan sayuran segar, kacang polong, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Anda harus berusaha untuk mendapatkan setidaknya 35 gram serat setiap hari. Alasan kebanyakan orang sembelit adalah hanya karena mereka tidak cukup makan serat dalam makanan mereka atau minum cukup air.

2. Minum lebih banyak air

Air adalah pelumas alami dan membantu memastikan agar segala sesuatunya tetap bergerak dengan baik di perut.

Sementara setiap orang memiliki kebutuhan air yang berbeda, berusaha untuk mendapatkan setidaknya 8 sampai 10 cangkir setiap hari.

Itu tidak termasuk kopi, teh, minuman berkafein atau alkohol. Untuk membantu segala sesuatunya berjalan, minumlah secangkir air panas dengan lemon saat bangun di pagi hari. Tunggu setidaknya 20 menit sebelum makan.

3. Ambil Suplemen Probiotik

Bakteri yang menguntungkan membantu kita tetap teratur, belum lagi memperbaiki hampir semua aspek kesehatan kita.

Minum suplemen probiotik di pagi hari atau dalam satu atau dua jam sebelum tidur.

Idealnya, carilah suplemen probiotik yang mengandung berbagai Lactobacilli (L.) dan Bifidobacteria (B.), termasuk, L. rhamnosus, L. plantarum, L. acidophilus, L. paracasei, L. salivarius, B. animalis lactis, B bifidum, B. breve, B. infantis dan B. longum.

4. Tambahkan Benih Psyllium atau Chia

Sekali sehari, ambil satu sendok teh atau dua biji psyllium (Plantago ovata) atau chia dengan mencampurnya dalam gelas air atau jus 8 ons.

Aduk aduk rata dan minum. Minum segelas air lagi sesudahnya karena psyllium dan chia membengkak dan menyerap air sehingga Anda perlu air ekstra untuk memastikannya bergerak dengan benar melalui usus.

Anda juga bisa mencampur beberapa sendok teh biji chia dengan setengah cangkir berry dan sedikit susu almond untuk puding yang lezat.

Biarkan selama 10 menit setelah mencampurnya sampai menebal.

5. Bergerak

Tubuh Anda bergantung pada latihan untuk membantu proses peristalsis (penyempitan dan pelepasan otot usus yang membantu menggerakkan benda-benda di dalam perut Anda).

Saat Anda menggerakkan tubuh Anda beberapa kali dalam seminggu melalui berjalan, berlari, bersepeda, menari atau aktivitas lain, Anda juga akan membantu agar perut Anda tetap bergerak juga.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
sembelit   

Terpopuler