Pengobatan Rumahan untuk Atasi Sakit Tenggorokan

Kamis, 14 Juni 2018 – 23:37 WIB
Radang tenggorokan. Foto: Ilustrasi/kalerkantho

jpnn.com - Sakit tenggorokan bisa menjadi tanda pertama dari pilek, efek samping dari pita suara yang tegang atau indikasi dari radang.

Anda mungkin tergoda untuk menemui dokter, tetapi beberapa pengobatan terbaik adalah home remedies (obat rumahan).

BACA JUGA: 5 Kiat untuk Mengatasi Sakit Tenggorokan

Berikut ini beberapa tips alami mengatasi sakit tenggorokan, seperti dilansir laman India Times.

1. Berkumur dengan air hangat

Berkumur dengan air hangat membantu meningkatkan aliran darah ke wilayah yang terinfeksi, yang pada akhirnya membantu membersihkan infeksi.

Hal ini juga memberi Anda bantuan instan dengan membersihkan kelebihan cairan di area tersebut.

2. Minum herbal

Teh seperti teh kayu manis, teh jahe tulsi, teh madu lemon atau secangkir desi masala chai efektif membersihkan area yang terinfeksi di tenggorokan. Mereka juga membantu membawa bantuan dengan menghilangkan rasa sakit di area ini.

3. Madu dengan teh jahe panas membuat keajaiban

Obat sakit tenggorokan tradisional, madu mempercepat proses pemulihan karena sifat antibakterinya.

Satu sendok teh madu dengan satu cangkir air dan teh herbal adalah obat sakit tenggorokan yang ideal.

Tidak hanya mengeluarkan racun dari tubuh Anda, hal ini juga membantu meningkatkan sirkulasi darah dalam mempercepat penyembuhan dan membunuh bakteri karena sifat anti-peradangannya.

4. Makan makanan lunak

Mengonsumsi makanan yang lebih ringan di perut Anda sangat membantu untuk infeksi tenggorokan, karena mereka cenderung tidak melukai area yang terinfeksi saat turun ke perut Anda setelah menelan.

5. Hirup uap secara teratur

Menghirup air yang diinfuskan dengan penekan batuk atau dengan salah satu dari banyak kapsul dekongestan yang tersedia di pasar akan membantu membuka saluran hidung dan membersihkan area yang terinfeksi di tenggorokan Anda dan membantu Anda bernapas lebih mudah.

6. Menggunakan pereda tenggorokan

Mengonsumsi sirup batuk, mentol, pelega tenggorokan atau minyak kayu putih membantu tenggorokan Anda cepat sembuh.

7. Menerapkan panas ke area tersebut

Bahkan mengoleskan panas secara eksternal untuk menginfeksi area dengan membungkus kain hangat atau handuk hangat yang dibasahi udara bisa memberikan bantuan dan mempercepat penyembuhan.

8. Mengetahui kapan harus minum obat

Jika Anda menderita demam atau dengan rasa sakit atau ketidaknyamanan yang cukup besar (terutama untuk jangka waktu yang lama), berkonsultasilah dengan dokter tentang jenis obat over-the-counter yang dapat Anda ambil.

9. Apa yang harus Anda coba dan hindari

Menghindari kebiasaan sehari-hari selama waktu ini, seperti merokok, minum, mengonsumsi makanan berminyak, minum minuman berkafein dan berolahraga adalah suatu keharusan, karena mereka bisa menyebabkan lebih banyak kekeringan, iritasi dan dehidrasi serta memperburuk infeksi Anda.

10. Menahan diri dari pergi ke tempat umum untuk menghindari penyebaran infeksi

Hindari pergi ke ruang publik selama waktu ini karena Anda bisa menjadi sumber infeksi, menyebarkannya ke orang lain atau bahkan memperburuk kondisi Anda sendiri jika Anda terkena infeksi yang lebih parah.

Juga, hindari terbang selama waktu ini karena infeksi bisa menyebar menyebabkan infeksi telinga bagian tengah.

11. Cari bantuan medis bila diperlukan

Jika sakit tenggorokan Anda berlangsung dari 5 hari hingga seminggu atau jika leher Anda membengkak atau Anda akhirnya mengalami sakit badan dan nyeri yang sulit ditangani, segera dapatkan pertolongan medis.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler