Pengunjung Tewas di THM Hawaii, Disparekraf DKI Sudah Periksa Legalitas

Selasa, 15 Oktober 2024 – 20:34 WIB
Ilustrasi tempat hiburan malam. Foto: Pixabay

jpnn.com, JAKARTA - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta memeriksa tempat hiburan malam Hawaii, Jalan Mangga Besar Raya, Maphar, Tamansari, Jakarta Barat, terkait tewasnya seorang wanita berinisial IA (18) pekan lalu.

Pemeriksaan tersebut dilakukan untuk mencari tahu kronologi kejadian tewasnya IA dan memeriksa kelengkapan legalitas tempat hiburan malam tersebut.

BACA JUGA: THM Hawaii Bantah Terlibat Kematian IA, Sebut Korban Datang Sudah dalam Keadaan Mabuk

"Hari Jumat (11/10) kemarin kami bersama dinas sudah ke sana," kata Kepala Seksi Industri Pariwisata Suku Dinas Parekraf Jakarta Barat Sanyoto di Jakarta, Selasa (15/10).

Pemeriksaan tersebut dilakukan untuk memastikan legalitas Hawaii.

BACA JUGA: Berangkat ke Hawaii, Maia Estianty: Akan Merindukan Kalian

"Kedua kronologi kejadiannya juga kita mintain keterangan ke Manajer Operasional (Hawaii), Saudara Kuwadi," katanya.

Berdasarkan kronologi kejadian yang didapatkan oleh pihak Sanyoto, korban awalnya mendatangi Hawaii bersama dua teman perempuannya.

BACA JUGA: Sebegini Uang yang Diberikan Edhy Prabowo kepada Istrinya Sebelum Pelesiran ke Hawaii

"Terus di dalam sudah ada temannya yang laki-laki. Kemudian mereka minum-minumlah di sana. Terus mabuk berat, terus teriak-teriak sehingga dibawa keluar oleh pihak sekuriti," kata Sanyoto.

Saat itu, kata Sanyoto, keadaan korban sudah sempoyongan sehingga oleh teman-temannya dan sekuriti, korban dilarikan ke Klinik Sentra Medika di Mangga Besar.

"Ternyata Sentra Medika tidak sanggup menangani sehingga dirujuk ke Rumah Sakit Husada. Di tengah perjalanan ternyata korban tidak tertolong (meninggal)," kata Sanyoto.

Hingga kini, Dinas Parekraf DKI Jakarta sedang berproses untuk bersurat ke Polsek Tamansari terkait penyelidikan kasus kematian korban IA tersebut.

"Dinas akan berkirim surat ke Polsek Tamansari minta hasil penyelidikan seperti apa, penyelidikan-penyelidikan seperti apa. Kejelasannya kan dari pihak kepolisian, bukan dari kami. Nanti (kami) menduga-menduga malah," kata Sanyoto.

Surat ke Polsek Tamansari paling lambat dilayangkan dalam 1-2 hari ke depan. 

Hal tersebut juga termasuk identitas orang yang memberikan minuman keras ke korban sehingga mulut korban mengeluarkan busa.

"Ya sementara bersama temannya, kita juga enggak tahu kan namanya siapa, karena ranah kepolisian," kata Sanyoto.

Sementara itu, mengenai legalitas, Hawaii dinyatakan legal dan mengantongi izin yang lengkap.

"Soal perizinan sejauh ini yang sudah kami cek, lengkap, legalitasnya lengkap," kata Sanyoto.

Seorang wanita berinisial IA (17) tewas usai minum minuman keras yang diberikan oleh seorang wanita tak dikenal di salah satu tempat hiburan malam di Maphar, Tamansari, Jakarta Barat, Jumat (11/10) dini hari.

Kapolsek Metro Tamansari Kompol Adhi Wananda menyebutkan bahwa berdasarkan keterangan saksi, korban sempat mengeluarkan busa dari mulutnya setelah meminum minuman keras tersebut.

"Keterangan sebelumnya, dia itu di Hawaii, minum-minum, enggak lama dia dikasih (minum) sama tamu perempuan. Itu masih kita cari orangnya. (Beberapa waktu kemudian) Itu (mulut korban) ngeluarin busa, infonya gitu keterangan dari saksi juga pas kita periksa," kata Adhi. (dil/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler