Pengurus Pusat dan Daerah PDIP Memperkuat Perekonomian Rakyat

Minggu, 31 Oktober 2021 – 17:19 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto berolahraga pagi bersama ketua DPD PDIP se-Indonesia sebelum Rakor Pra Rakernas di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Minggu (31/10. Foto: DPP PDIP.

jpnn.com, JAKARTA - Rapat Koordinasi Prarapat Kerja Nasional (Rakor Prarakernas) PDIP yang dilaksanakan bersama seluruh pengurus partai tingkat provinsi, menghasilkan ikhtiar bersama untuk memantapkan kerja pemenangan menuju Pemilu 2024.

Hal itu diungkap Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto usai Rakor Prarakernas PDIP di Gedung Sekolah Partai, Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, sejak Sabtu (30/10) hingga Minggu (31/10).

BACA JUGA: Ketua DPD PDIP Tegaskan Keputusan Capres dan Cawapres di Tangan Bu Mega

Pengurus Dewan Perwakilan Daerah (DPD) PDIP dari seluruh Indonesia dikumpulkan untuk mengikuti rapat itu. Hasto memimpin rapat sejak awal bersama jajaran DPP PDIP lainnya.

Pada akhir sesi, setelah melakukan beragam evaluasi konsolidasi lapangan, sejumlah lembaga eksternal diminta untuk memaparkan hasil survei atas kondisi sosial politik di Indonesia.

BACA JUGA: Tindaklanjuti Perintah Megawati, PDIP Kumpulkan Para Ketua DPD se-Indonesia di Sekolah Partai

Termasuk terhadap kondisi partai politik, tak terkecuali PDIP.

Menurut Hasto, pihaknya memperlakukan survei sebagai instrumen saja.

BACA JUGA: Konon Pak Jokowi Pernah Berjanji Bangun 5 Kantor PAC PDIP di Solo, Baru 1 Terwujud

Hal terpenting adalah gerak kolektivitas partai untuk menghadapi segala kondisi medan juang.

"Ini ikhtiar kita bersama," tegas Hasto.

Menurut Hasto, Hasil survei bersifat dinamis dan menjadi pengingat bagi partainya agar tak dininabobokan oleh elektoral yang tinggi sebagai wujud kepercayaan rakyat.

"Selalu ada perbaikan yang harus dilakukan. Skala prioritas partai adalah berjuang bersama Presiden Jokowi untuk membangun sinergi koneksitas, terutama di dalam program penguatan perekonomian rakyat," kata Hasto.

Bagi PDIP, hasil survei yang ada membantu para peserta Rakor Prarakernas untuk menganalisis situasi. Sehingga bisa memperbaiki yang kurang, dan meningkatkan kinerja yang sudah baik.

Hasil survei dan laporan lapangan yang ada membuat para peserta selama rakor tersebut mampu melihat ke dalam, melakukan berbagai rencana perbaikan,  dan mendiskusikan berbagai sisi maupun aspek yang harus diperhatikan.

Dengan begitu, ketika saatnya rakernas dilaksanakan pada 1-3 Desember mendatang, pembahasan lebih terarah dan mampu menghasilkan rumusan strategi gerak partai ke depan.

"Jadi, strategi apa yang bisa diambil untuk makin memantapkan kerja-kerja sehingga memperluas basis di Pemilu 2024 mendatang," ungkap Hasto.

Untuk diketahui, Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri mengungkap pihaknya akan segera melaksanakan rakernas pada 1-3 Desember mendatang.

Megawati pun meminta para pengurus daerah segera bersiap. Nantinya rakernas akan dihadiri oleh ketua dan sekretaris partai dari seluruh Indonesia.

"Tolong itu dicatat dan dipersiapkan dengan baik, jangan asal datang saja," kata Megawati di hadapan kader PDIP seluruh Indonesia yang hadir secara virtual dalam peresmian Prasasti Taman UMKM Bung Karno dan 16 Kantor Partai secara virtual dari kediamannya, Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Kamis (28/10). 

Hasto mengatakan tema kegiatan adalah "Desa Kuat, Indonesia Maju dan Berdaulat" dengan subtema "Desa, Taman Sari Kemajuan Nusantara". (boy/jpnn)


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler