Penjelasan Pak Erick soal Ivermectin yang Dikabarkan Jadi Obat Covid-19

Selasa, 22 Juni 2021 – 13:49 WIB
Ivermectin ialah obat anti-parasit yang sudah digunakan terbatas di berbagai negara dari India sampai Amerika, juga Indonesia. Ilustrasi: Arry Saputra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan Ivermectin produksi PT Indofarma Tbk bukan obat Covid-19.

Pendiri Mahaka Group itu mengatakan obat itu digunakan untuk terapi penanganan pasien Covid-19.

BACA JUGA: Hati-hati! Satgas Covid-19 Minta Semua Pihak Jangan Asal Menggunakan Obat Ini

Menurut Erick, saat ini pihaknya terus melakukan komunikasi intensif kepada Kementerian Kesehatan, karena dari studi yang ada Ivermectin dianggap bisa membantu terapi pencegahan dan harganya sangat murah.

"Tapi kembali ditekankan ini ialah terapi, bukan obat Covid-19. Ini bagian dari salah satu terapi," ujar Erick Thohir seperti dikutip dari akun Instagram resminya @erickthohir di Jakarta, Selasa (22/6).

BACA JUGA: Obat COVID-19 yang Dipelopori Moeldoko ini Mulai Disebar di Kudus

Dia juga mengingatkan masyarakat bahwa Ivermectin merupakan obat keras.

Penggunaannya, lanjut Erick, harus dengan resep serta pengawasan dokter, sehingga tidak boleh asal-asalan dalam mengonsumsinya.

"Harap diingat, Ivermectin tergolong obat keras dan harus digunakan dengan resep serta pengawasan dokter. Jadi, jangan sekali-kali mengkonsumsi obat ini tanpa resep dokter," ujar Erick.

Dia menjelaskan Ivermectin ialah obat anti-parasit yang sudah digunakan terbatas di berbagai negara dari India sampai Amerika, juga Indonesia.

Hal itu, sama seperti obat-obat untuk penyakit lain yang berpotensi untuk penanganan Covid-19. Ivermectin masih terus diuji untuk penambahan indikasi penggunaan untuk Covid-19.

"Namun, dalam kondisi pandemi yang butuh penanganan cepat dan dengan izin edar dari BPOM ini, Indofarma siap produksi empat juta tablet per bulan dan menjualnya dengan harga terjangkau agar bisa bangun kemandirian bangsa dan membantu penanganan Covid-19," ujar Erick Thohir.

Erick pun menegaskan agar masyarakat untuk tetap patuh dan disiplin menjalankan protokol kesehatan selama pandemi Covid-19 saat ini.

"Kerja sama pemerintah dan masyarakat akan membantu kita keluar dari pandemi," kata Erick Thohir. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Elvi Robia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler