Penjualan Apple Melambat, LG Terkena Imbas

Selasa, 23 April 2013 – 00:00 WIB
SEOUL - LG Display Co. Ltd. melaporkan laba terkecilnya sejak kembali mencatat laba pada kuartal kedua tahun lalu, seiring melemahnya permintaan Apple akan layar untuk iPhone dan iPad buatan perusahaan korea itu. Selama ini, 30 persen pendapatan LG Display berasal dari transaksi dengan Apple.

Namun kini produk-produk Apple harus bersaing dengan perangkat buatan Samsung, sehingga permintaan layar ke LG Display pun menurun. Menurut pengamat, saham LG Display perlahan melemah seiring berkurangnya permintaan dari Apple.

LG Display yang bersaing dengan Samsung di pososo teratas pemasok liquid crystal display (LCD) secara global, mendapat laba USD 135 juta pada kuartal pertama tahun ini. Itu merupakan laba per kuartal yang keempat bagi LG Display, setelah mengalami kerugian tujuh kuartal berturut-turut. Jumlah produksi LCD dari perusahaan Korea Selatan itu telah dibatasi menyusul adanya kelebihan pasokan pada 2 tahun lalu.

Namun pendapatan signifikan didapat LG Display setelah kerugian senilai 211 miliar won pada setahun sebelumnya. Tapi pendapatan itu turun 74 persen dibandingkan kuartal sebelumnya, akibat pelambatan musiman karena melemahnya angka penjualan produk-produk Apple.

Dilaporkan pula, penjualan panel tablet dan smartphone  yang sebagian besar dibeli oleh Apple dan menyumbang 27 persen dari total penjualan layar LG Display pada kuartal pertama, turun  31 persen pada kuartal keempat.

Analis perusahaan investasi dan sekuritas asal Korea, Jay Yoo, memperkirakan penjualan panel LG Display untuk iPhone 5 dan iPad terbaru telah jatuh pada angka 42 persen dan 66 persen, seiring melambatnya pertumbuhan penjualan produk-produk Apple. Karenanya, Apple diharapkan segera  memperkenalkan produk-produk terbarunya pada akhir tahun ini agar pengualan layar LG Display terangkat.

Sedangkan analis Samsung Securities, Harrison Cho, berharap Apple memperkenalkan iPhone yang lebih murah pada Bulan Juli mendatang untuk membantu meningkatkan penjualan LG Display ke perusahaan gadget asal Amerika Serikat itu.

Sementara Senin (22/4), LG Display mengharapkan pengiriman panel akan naik 5 persen menjadi 10 persen pada kuartal kedua dari kuartal sebelumnya. Saham di perusahaan yang terafiliasi dengan LG Electronics itu telah jatuh sekitar 3 persen pada akhir tahun.(reuters/nam/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Nike Ingin Kepastian Regulasi

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler