Penjualan Semen Gresik di Jabotabek Meningkat

Minggu, 12 Mei 2013 – 16:42 WIB
JAKARTA--Penjualan Semen Gresik (SG) di Jakarta dan sekitarnya (Jabotabek) mengalami peningkatan. Tercatat, hingga triwulan I tahun 2013, permintaan produk semen BUMN tersebut tumbuh hingga 8,6 persen.

"Alhamdulillah sesuai dengan ekspektasi perusahaan. Sampai triwulan I target pemasaran kita growth-nya hingga 8,6 persen. Artinya volume penjualan dengan growth yang kita rencanakan sesuai harapan," kata Kepala Biro Perencanaan dan Pemasaran Semen Gresik Rudi Hartono disela-sela Gebyar Acara Temu Pelanggan di Balai Samudera, Jakarta, Minggu (12/5).

Kondisi itu tak lepas dari adanya permintaan semen yang masih baik. Apalagi, lanjutnya, pasar di Jabotabek adalah pasar yang terbesar, share marketnya lebih besar dibandingkan dengan provinsi-provinsi lain, sehingga itu menarik bagi produsen semen untuk mengembangkan pasarnya.

"Semen Gresik yang merupakan anggota grup dari Semen Indonesia juga terus melakukan pengembangan pasar di wilayah ini," ujarnya.

Dijelaskannya, saat ini market share SG di Jabotabek sekitar 20 persen dari total pasokan pabrikan yang ada. Hal ini menggembirakan, pasalnya pabrikan-pabrikan semen yang dominan di pasar biasanya dekat lokasinya dengan pabrik. Padahal, SG sendiri pasarnya cukup jauh dengan pabrik karena berada di Gresik dan Tuban.

"Jadi untuk pemain-pemain yang belum memiliki pabrik disini, itu sudah cukup menggembirakan. Kita sendiri dibantu dengan fasilitas distribusi seperti packing plant dan gudang-gudang yang ada," tambahnya.

Dalam upaya meningkatkan penjualan di wilayah potensial ini, SG akan mengutilisasikan fasilitas packing plant yang ada, sehingga fasilitas itu diharapkan bisa maksimum mengeluarkan barang. Selain itu juga memaksimalkan distribusi semen dari laut.

"Upaya lainnya dengan memaksimalkan gudang-gudang penyangga dan membina mitra dengan distributor untuk membangun gudang penyangga sebagai jaminan pasokan SG ke pasar," sambungnya.

Terkait dengan pembinaan toko sebagai "Sahabat Semen Gresik", pihaknya secara kontinu menggelar acara temu pelanggan di berbagai kota sebagai bentuk apresiasi kepada mitra atas kinerja dan loyalitasnya kepada pabrik semen pelat merah tersebut.

"Kegiatan temu pelanggan ini merupakan apresiasi kepada para sahabat SG sehingga terbangun kebersamaan antara toko dan perusahaan," tandasnya.

Dalam temu pelanggan kali ini, Semen Gresik memberikan penghargaan dan hadiah kepada toko dan mitranya yang berprestasi di Jabodetabek. Selain apresiasi terhadap pelanggan yang loyal, kegiatan ini juga untuk membangun komunikasi mulai dari toko hingga tingkat distributor sehingga mereka bisa melakukan sharing pengalaman dan bekerja sama dengan baik.

Sementara itu, penghargaan dibagi menjadi dua kategori, yakni kategori toko di area pemasaran Jakarta dan sekitarnya serta kategori curah di area pemasaran Jakarta dan sekitarnya. Pada kategori toko, ada 15 toko di daerah pemasaran wilayah Jakarta dan sekitarnya yang menerima penghargaan, diantaranya, Toko Indo Permai Bangunan, Toko Alam Jaya dan Toko Cipta Tomang Indah.

Sedangkan untuk kategori curah ada 10 perusahaan yang menggunakan Semen Gresik, yaitu PT Power Block Indonesia, PT Wijaya Karya Beton dan PT Bakri Building Industri. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ahok Tegaskan Bus Sekolah Tetap Ada

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler