Penjualan Teh di Tokopedia Moncer Berkat Kampanye NYAM!

Selasa, 23 Mei 2023 – 22:04 WIB
Penjualan teh di Tokopedia. Foto: Tokopedia

jpnn.com, JAKARTA - Sejak 2020 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan setiap tanggal 21 Mei sebagai Hari Teh Sedunia.

Indonesia sendiri menjadi negara produsen teh yang memiliki share sebesar 2 persen terhadap total produksi teh dunia.

BACA JUGA: Dua Kreator Video Asusila di Kebun Teh Itu Akhirnya Terungkap, Ternyata

Selain potensi pasar, Indonesia juga memiliki luas lahan perkebunan teh terbesar kelima di dunia pada 2020. Produksi teh Indonesia berada di peringkat kedelapan dunia pada 2020.

“Melihat besarnya potensi produksi teh di Indonesia, Tokopedia berupaya memberikan panggung bagi para produsen maupun penjual teh untuk menjangkau pasar domestik yang lebih luas lagi,” ujar Category Development Senior Lead Tokopedia, Sherine Pranata dalam keterangannya, Selasa.

BACA JUGA: 7 Manfaat Teh Celup yang Bikin Kaget, Bikin Peralatan Dapur Kembali Kinclong

Kami melibatkan puluhan petani teh di sekitaran Bali untuk seluruh proses panen pucuk teh, mulai dari penanaman hingga pemetikan.

“Salah satu caranya ialah dengan mengadakan kampanye khusus dan berkelanjutan bagi para pegiat usaha makanan dan minuman–termasuk teh–yaitu Tokopedia NYAM!" tambah dia.

BACA JUGA: 6 Khasiat Rutin Mengonsumsi Teh Campur Madu, Bikin Penyakit Ini Tidak Berkutik

“Buktinya, minuman menjadi salah satu subkategori produk yang paling banyak dibeli masyarakat melalui Tokopedia selama kuartal I 2023. Teh dan susu menjadi beberapa produk minuman paling laris di Tokopedia pada kuartal I 2023,” kata Sherine.

Dari data internal Tokopedia, penjualan teh naik hampir dua kali lipat pada kuartal I 2023 dibandingkan kuartal I 2022.

"Teh hijau (green tea), teh hitam (black tea) dan thai tea menjadi beberapa jenis teh paling laris di Tokopedia pada periode tersebut,” ujar Sherine.

Selain lewat kampanye Tokopedia NYAM!, dia menambahkan pihaknya juga membantu tumbuh kembang pelaku usaha makanan dan minuman, termasuk teh, lewat inisiatif Hyperlocal.

"Hyperlocal bertujuan mendekatkan penjual dengan pembeli di mana pun mereka berada dengan teknologi geo-tagging,” ucap Sherine.

Satu manifestasi Hyperlocal ialah Kumpulan Toko Pilihan (KTP); halaman kurasi produk dari penjual terdekat dari lokasi pembeli.

Ada juga Dilayani Tokopedia; layanan pemenuhan pesanan yang memungkinkan penjual, termasuk penjual teh, menitipkan produk di gudang-gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi. (rdo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 7 Khasiat Teh Daun Sirsak, Bikin Deretan Penyakit Ini Kabur


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler