Penumpang Asiana Airlines Disodori Kompensasi Rp 100 juta

Senin, 12 Agustus 2013 – 10:01 WIB

jpnn.com - SEOUL - Asiana Airlines menawarkan uang kompensasi senilai USD 10 ribu atau lebih dari Rp 100 juta kepada tiap penumpang pesawat Boeing 777 yang jatuh di Bandara San Francisco pada Juli lalu.  Uang kompensasi itu diharapkan bisa digunakan untuk biaya pengobatan atau kebutuhan lain oleh 288 penumpang yang selamat.

 

"Ini kompensasi minimum yang kami tawarkan untuk semua penumpang, terlepas apakah mereka terluka atau tidak," kata juru bicara Asiana Airlines, seperti dikutip dari news.com, Senin (12/8).

BACA JUGA: Kasus Baru Flu Burung Ditemukan di Tiongkok

Disebutkan pula, angka kompensasi yang ditawarkan belum final karena bisa bertambah atau berkurang hingga ada kesepakatan akhir antara penumpang dan maskapai kedua terbesar Korea Selatan itu. Bagi penumpang yang pengobatannya kurang dari nilai itu, pihak Asiana Airlines masih memperbolehkan menyimpan sisa uang kompensasi.

BACA JUGA: Israel Nekat Bangun Ribuan Apartemen di Palestina

Tawaran diajukan menyusul munculnya gugatan puluhan juta dolar dari penumpang terhadap Asiana Airlines maupun Boeing selaku produsen pesawat.  Sebanyak 83 penumpang telah melayangkan gugatan pada Boeing, dan bukan tak mungkin klaim juga dimintakan pada manajemen Asiana Airlines.

Gugatan serupa diajukan puluhan penumpang lain di Amerika Serikat. Pesawat Boeing 777 Asiana Airlines tujuan Shanghai-Seoul dengan 16 kru serta 291 penumpang jatuh hingga terbelah hingga akhirnya terbakar di Bandara San Francisco pada 6 Juli lalu.

BACA JUGA: Thailand yang Kembali Diguncang Demo Masal

Tiga penumpang dinyatakan tewas, sementara 180 mengalami luka-luka. Ratusan penumpang berhasil lolos dari maut beberapa saat sebelum pesawat terbakar. Otoritas penerbangan Amerika Serikat hingga kini belum merilis penyebab kecelakaan. (pra/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Buddhis Serang Masjid, 4 Muslim Terluka


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler