Penumpang Transit di Arab Saudi Bisa Urus Visa Umrah, Gratis, Begini Caranya

Selasa, 31 Januari 2023 – 23:48 WIB
Visa umrah dari Kerajaan Arab Saudi. Foto/ilustrasi: Ayatollah Antoni/JPNN.Com

jpnn.com, RIYADH - Arab Saudi meluncurkan fasilitas visa bagi penumpang pesawat yang transit di negeri kerajaan itu.

Dengan fasilitas itu, penumpang yang singgah di bandara internasional di Arab Saudi bisa mengantongi visa untuk umrah ataupun berwisata.

BACA JUGA: Sedang Umrah, Ribuah Nahdiyin Memperingati Seabad NU di Tanah Suci

Kebijakan anyar dari Negeri Petrodolar itu diluncurkan Kementerian Luar (Kemenlu) Negeri Arab Saudi pada Senin (30/1). Pengurusan visa itu gratis.

Penumpang transit di bandara-bandara Arab Saudi yang hendak memanfaatkan layanan baru itu bisa mendaftar melalui platform elektronik Saudi Airlines (SAUDIA) dan Flynas.

BACA JUGA: Pengajuan Visa Umrah Sudah Dibuka Saudi, Akhir Bulan Jemaah Berangkat 

Aplikasi di platfom elektronik tersebut akan langsung diproses oleh Kementerian Luar Negeri Arab Saudi.

Selanjutnya, setelah menyetujui aplikasi, otoritas negeri kaya minyak itu akan menerbitkan izin dalam bentuk dokumen digital bernama e-Transit Visa.

BACA JUGA: Konon Arab Saudi Siapkan 2 Pulau untuk Perjudian demi Tarik Turis Israel

Visa itu berlaku selama 96 jam atau empat hari dengan periode validitas selama tiga bulan.

Menurut Kemenlu Arab Saudi, visa bagi penumpang transit itu merupakan bagian dari upaya mewujudkan Visi 2030 untuk memperkuat posisinya yang strategis sebagai penghubung antarbenua.

Arab Saudi menargetkan jumlah kunjungan warga negara asing (WNA) di wilayahnya mencapai 100 juta per tahun.

Untuk itu, Arab Saudi juga mengembangkan paket wisata bagi penumpang singgah. Paket yang ditawarkan berupa rencana perjalanan 24 jam, 48 jam, 72 jam, dan 96 jam.

Wisatawan yang mengantongi e-Transit Visa akan diajak mengunjungi kawasan Al-Balad di Jeddah atau melihat Distrik Al Turaif di Diriyah yang menjadi salah satu Situs Warisan Dunia versi UNESCO.

Menteri Pariwisata Arab Saudi Ahmed Al-Khateeb mengatakan visa bagi penumpang singgah itu adalah bukti komitmen negerinya dalam mendorong dan mengembangkan sektor turisme.

“Ini terbuka bagi pelawat yang melalui Saudi menggunakan maskapai nasional kami untuk liburan, berbisnis, ataupun umrah. Kami akan terus bekerja bersama lintas pemerintahan dan ekosistem pariwisata saat Saudi berubah menjadi tujuan wisata global terkemuka,” ujarnya.

Kepala Eksekutif Utama (CEO) SAUDIA Kapten Ibahim Koshy mengatakan visa bagi penumpang transit itu merupakan tonggak sejarah untuk mengubah Arab Saudi menjadi pusat utama antara timur dan barat.

“Layanan baru ini juga akan mendorong penumpang untuk umrah, mengunjungi tujuan utama, dan menghadiri berbagai event dan musim di Saudi,” ujarnya.(ArabNews/esy/JPNN.com)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mahfud MD Soroti Video TKW di Arab Saudi Ini, Begini Respons Mabes Polri


Redaktur : Antoni
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler