Penyakit Jantung Mengancam Kaum Muda, Dexa Medica Beri Skrining Gratis

Rabu, 09 Oktober 2024 – 15:05 WIB
PT Dexa Medica menggelar program skrining gratis Cek Segitiga untuk tiga penyakit kronis utama, salah satunya penyakit jantung. Foto: Dok Dexa Medica

jpnn.com, JAKARTA - Penyakit jantung kini tidak lagi menjadi ancaman bagi kelompok usia lanjut saja, tetapi juga menyerang kaum muda.

Lebih mengejutkan lagi, Data Indonesia Family Life Survey menyebutkan bahwa hampir 27 persen kasus jantung koroner terjadi pada mereka yang berusia di bawah 35 tahun.

BACA JUGA: Begini Cara Mengurangi Garam, Tetapi Makanan Tetap Lezat

"Penting meningkatkan kesadaran akan bahaya penyakit jantung, khususnya di kalangan anak muda," kata Presiden Direktur PT Dexa Medica V Hery Sutanto, Selasa (9/10).

Sejalan dengan program pemerintah untuk mengutamakan upaya promotif dan preventif, Dexa Medica mengajak masyarakat untuk menerapkan gaya hidup sehat, salah satunya melalui skrining kesehatan.

BACA JUGA: Bakar Lemak Perut dengan Mengonsumsi 3 Minuman Herbal Ini

Berdasarkan data BPJS Kesehatan, biaya perawatan penyakit jantung di Indonesia pada 2023 mencapai Rp17,62 triliun dengan 20 juta lebih kasus tercatat.

"Tren peningkatan kasus penyakit jantung di kalangan usia muda disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat," ucap Direktur RS Charitas Hospital KM 7 (RS Myria), dr. Wanto, M.Kes.

BACA JUGA: Peserta Jalan Sehat HUT ke-58 KAHMI Keluhkan Kupon Doorprize Ganda

Di Sumatera Selatan sendiri, prevalensi penyakit jantung cukup tinggi, dengan sekitar 45-50 persen kasus disebabkan oleh komplikasi dari diabetes, hipertensi, dan gaya hidup tidak sehat.

Ditambah lagi, pasien sering datang dalam kondisi kritis karena kurang sadar akan pentingnya pola hidup sehat.

"Penyakit jantung bisa menyerang kapan saja, bahkan pada usia muda. Skrining dini sangat penting untuk mencegah kematian mendadak akibat serangan jantung,” jelasnya.

Wakil Direktur Medis & Penunjang Medis RS Charitas Hospital KM 7 dr. Ripka Renaldi, M.M., MARS menekankan pentingnya skrining rutin untuk menghindari komplikasi lebih lanjut.

Hal tersebut yang kemudian melatarbelakangi PT Dexa Medica menggelar program skrining gratis Cek Segitiga di berbagai kota.

Inisiatif itu mencakup pemeriksaan untuk tiga penyakit kronis utama: hipertensi, kolesterol, dan diabetes. Selain pemeriksaan kesehatan, acara ini juga menyediakan layanan konsultasi dokter, edukasi dari apoteker, dan kegiatan olahraga interaktif.

Kegiatan tersebut diselenggarakan sekaligus sebagai bagian dari rangkaian perayaan HUT ke-55 Dexa Medica.

“Skrining secara menyeluruh, termasuk pengecekan kolesterol, sangat penting untuk mencegah kondisi jantung yang semakin parah,” tutupnya. (esy/jpnn)


Redaktur : Dedi Yondra
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler