Penyaluran KUR Masih Lamban

Senin, 26 Juli 2010 – 11:53 WIB
JAKARTA- Pemerintah menargetkan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Bank Mandiri sebesar Rp1,845 triliunNamun, hingga akhir Juli ini, bank milik pemerintah tersebut hanya menyalurkan sekitar Rp200 miliar.

Dirut Bank Mandiri Zulkifli Zaini mengatakan meski realisasi KUR masih kecil, namun Bank Mandiri optimis target pemerintah akan terealisasi sesuai jadwal di akhir tahun.

"Memang saat ini belum terlalu besar, baru 10 persen sekitar Rp200 miliar

BACA JUGA: Lion Mulai Terbangi Rute Batam-Natuna

Namun kita optimis target yang diberikan pada Bank Mandiri sebesar Rp1,845 triliun itu akan tercapai dalam waktu 6 bulan ini," kata Zulkifli usai rapat koordinasi di kantor Menko ekonomi Jakarta, Senin (26/7)


Masih lambannya realisasi KUR ini dikatakan Zulkifli karena regulasi penyaluran KUR mengalami perubahan di awal tahun

BACA JUGA: Hanya 5 % Pelanggan Tak Aktif

Sehingga ketentuan mengenai KUR perlu dilakukan sosialisasi di cabang-cabang Bank Mandiri di seluruh Indonesia yang melaksanakan penyaluran KUR.

"Selain itu tidak ada masalah lagi, karena dari sisi anggunan kredit investasi itu sendiri sudah tidak ada permasalahan lagi
Sebelumnya, kita sudah salurkan Rp1,5 triliun di 2009," kata Zulkifli.

Sementara itu, realisasi KUR di Bank Rakyat Indonesia (BRI) hingga Juni 2010 baru terealisasi sekitar 52 persen atau Rp3,22 triliun dari target yang ditetapkan pemerintah untuk disalurkan yakni sebesar Rp6,2 triliun

BACA JUGA: Bidik Penjualan Hingga Rp 1,7 Triliun

Secara keseluruhan, penyaluran KUR pada masyarakat yang disepakati pemerintah sekitar Rp13,1 triliun dan direncanakan mengalami kenaikan hingga sekitar Rp18 triliun.

"Realisasi ini sebenarnya sudah berjalan dengan baik, karena ada kebijakan yang adendum pada JanuariKita melaksanakan sosialisasi di lapangan baru pada AprilKita optimis, target Rp13 triliu KUR untuk semua Perbankan itu dapat tercapaiTidak ada kendala lagi, hanya tinggal sosialisasi saja," kata Direktur Utama BRI, Sofyan Basyir.(afz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Carrefour Jamin Harga Tetap Miring


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler