Penyelam: Kami seperti Bendera yang Dikibas Angin

Jumat, 09 Januari 2015 – 06:53 WIB
Menyiapkan alat menyelam. Foto: Jawa Pos/dok.JPNN

SELAT KARIMATA - Upaya pengangkatan ekor pesawat AirAsia QZ8501 yang jatuh di sekitar Selat Karimata kemarin (8/1) belum berhasil dilakukan. Panglima TNI Jenderal Moeldoko yang memimpin langsung evakuasi memutuskan pengangkatan penyelam karena arus bawah laut yang sangat kencang.
    
Arus bawah laut mulai kencang menjelang siang. Kecepatan arus mencapai 3-5 knot. Visibility dasar laut juga antara 0-1 meter. Kondisi itu yang membuat penyelam gabungan TNI AL kesulitan masuk lebih dalam.

Bagian belakang pesawat yang terbelah akhirnya belum dipasang sabuk dan kantong udara. Sebab para penyelam kesulitan sampai ke dasar laut.
      
Para penyelam yang diterjunkan kemarin antara lain Letda Laut (KH) Edi Abdilah, Kopda Navigasi (Nav) Kiswanto, dan Kopda telegram (tlg) Anton Sudarmanu. Dua lainnya Kelasi Listrik (lis) Joko Santoso dan Kelasi Kepala Tata Graha (ttg) Kristanto.

BACA JUGA: Jonan: Industri Penerbangan itu Harus Sehat, Bukan Harus Murah

"Saat menuruni tali sampai kedalaman 5 meter kami seperti bendera yang dikibas angin," papar Edi di hadapan Moeldoko usai penyelaman sesi ke delapan.
      
Edi berusaha menyelam lebih dalam meski perlahan. Jarak pandang terbatas berkisar 1-1,5 meter. Penggunaan oksigen pun menjadi lebih boros.

Tidak terasa menapaki menit ke-10, jarum nanometer menunjuk angka 50. Tanda O2 tinggal separo. Tak mau beresiko, Edi cs memilih kembali ke perahu karet. (sep/gun)

BACA JUGA: Ganti Menteri kok Lain Cerita

 

BACA JUGA: LDII Pastikan Dukung Jokowi Berantas Radikalisme

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jaksa KPK Minta Orangnya Akil Itu Jangan Lagi di Rutan Salemba


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler