Penyusupan Mario ke Pesawat Garuda Direkonstruksi, Ini Kronologisnya

Jumat, 10 April 2015 – 18:19 WIB

jpnn.com - PEKANBARU - Penyusupan Mario Steven Ambarita (21) masuk ke roda belakang pesawat Garuda Indonesia rute Pekanbaru-Jakarta, Selasa (6/4) direkonstruksi, Jumat (13/10). 

Rekonstruksi itu langsung diperagakan Mario sendiri dan disaksikan pihak maskapai penerbangan, PT Angkasa Pura II, PPNS dari Kementerian Perhubungan, Rudi Ricardo dan sejumlah wartawan.

BACA JUGA: Anggota Polsek Menteng Ikut Ditangkap KPK saat OTT di Bali

Rekonstruksi berlangsung aman dengan pengamanan dari pihak bandara serta dari pihak TNI AU juga ikut mengamankan jalannya rekontruksi tersebut. Adegan reka ulang kasus Mario ini dimulai dari dia memasuki kawansan bandara. Sampai memasuki roda belakan pesawat yang membawanya ke Jakarta. 

Hanya ada sekitar delapan adegan yang boleh diikuti oleh media massa. Sebab, selebihnya dilakukan di area sangat terbatas yang tidak boleh dimasuki selain oleh petugas.

BACA JUGA: Tiga PKPU Kelar, Pendaftaran Pasangan Calon 26-28 Juli

Dari delapan adegan itu antara lain terlihat bagaimana Mario melakukan pengamatan selama tujuh hari di bandara, di mana dia makan, di mana tidur selama pengamatan hingga bagaimana dia masuk ke area bandara. 

Tentang bagaimana teknis dia berada di ujung landasan dan bagaimana cara masuk ke ruang roda pesawat, wartawan tidak dapat mengikuti rekonstruksi karena terkendala peraturan daerah terbatas.

BACA JUGA: Kok Maruarar Sirait tak Masuk Struktur DPP PDIP?

Tapi yang pasti titik awal rekonstruksi dimulai dari Masjid Al Musafirin di depan VIP Room Lancang Kuning Bandara SSK II Pekanbaru. Di teras masjid inilah Mario awal memulai niatnya. Setelah itu dia mendekat ke pagar bandara dekat samping VIP Room Lancang Kuning mengamati mana pesawat yang akan berangkat. 

"Ada lima menit aku mengamati dari pagar ini," ujar Mario.

Merasa aman, Mario pun masuk dari pintu pagar yang terkunci dekat pintu gerbang lama Bandara SSK II. Jaraknya hanya sekitar 100 meter dari pos penjagaan Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin Pekanbaru.

Saat memanjat pagar itu. Ia tanpa memegang bagian puncak pagar namun langsung meloncat ke dalam areal bandara lalu merayap di semak-semak mendekati landasan pacu.

Ketika dilihatnya pesawat GIA 117 akan lepas landas, Mario berlari mendekati pesawat dan masuk ke dalam rongga roda pesawat. (ray/cr3/fas/jpnn) 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ditanya soal Kemungkinan Jadi Wakapolri, Ini Jawaban Komjen Buwas


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler