Perang Bintang ISL di Stadion Mandala

Seleksi 64 Pemain, PT LI Rogoh Rp 2 Miliar

Sabtu, 11 Juni 2011 – 05:21 WIB
DOMINAN - Pemain Sriwijaya FC, dominan di daftar seleksi untuk tim All Star dalam laga Perang Bintang ISL 2011. Foto: Dok. JPNN.
JAKARTA - PT Liga Indonesia (PT LI) memastikan menghelat Perang BintangLaga pemungkas Indonesia Super League (ISL) musim 2010/2011 itu bakal dihelat di Stadion Mandala, Jayapura, pada 26 Juni mendatang.

Penunjukan Stadion Mandala, home base Persipura, itu merupakan penghargaan atas sukses Boaz Solossa dkk menjuarai ISL musim 2010/2011

BACA JUGA: Ramai-ramai Rekrut Young Guns

Perang Bintang akan mempertemukan tim juara melawan bintang-bintang pilihan (all-star) dari klub peserta ISL.

Ada 64 nama pemain dari berbagai posisi pilihan tim technical study group PT LI yang menjadi kandidat tim all-star
Mereka terdiri atas enam kiper, 15 pemain belakang, 26 pemain tengah, dan 17 pemain depan

BACA JUGA: Jones Ingin seperti Ferdinand

Mereka dipilih karena dinilai bermain bagus selama kompetisi ISL 2010/2011.

Di antara 64 pemain tersebut, akan dipilih 18 pemain terbaik pilihan masyarakat lewat mekanisme pengiriman SMS
Mereka terdiri atas dua kiper, enam bek, enam gelandang, dan empat striker

BACA JUGA: Menezes Favoritkan Tuan Rumah

Untuk posisi manajer tim all-star, PT LI menunjuk Jhonny Toekan dan pelatih Nil Maizar (pelatih Semen Padang).

Namun, pemilihan 64 nama tersebut memunculkan tanda tanya besarMasuknya nama Gunawan Dwi Cahyo, contohnyaMusim ini dia hanya sekali main bersama Sriwijaya FC (SFC) di laga perdana kontra Deltras SidoarjoSelain Gunawan, masuknya nama Thierry Gathussi dipertanyakanSebab, Gathussi adalah pengoleksi kartu terbanyak dari SFC musim ini (delapan kartu kuning dan satu kartu merah).

Persija (kebobolan 27 gol) yang memiliki pertahanan terbaik di bawah Persipura (kebobolan 20 gol), Arema, dan Semen Padang (kebobolan 25 gol), malah tidak mewakilkan satu pun beknya di daftar Perang BintangKiper Hendro Kartiko juga tidak masuk.

Di antara total 64 nama, SFC menyumbangkan pemain terbanyak dengan 11 namaKemudian ada Persib (10 pemain), Arema (9), Persija (8), Pelita Jaya (6), Semen Padang (5), Persijap (3), PSPS, Persiwa, Persisam, Persiba (2), serta Persela dan Deltras masing-masing satu pemainTak satu pun pemain dari Bontang FC yang terjaring.

"Saya tidak mau bicara soal teknisSemua orang bebas menilaiTapi, biarkan tim ini bekerjaBiarkan kontroversi ini menjadi pembicaraan yang menarik dalam mengiringi Perang Bintang," kata Joko Driyono, CEO PT LI, kemarin (9/6).

Untuk menggelar laga Perang Bintang, PT LI disebut membutuhkan dana sekitar Rp 2 miliar atau dua kali lipat daripada kebutuhan dana Perang Bintang musim lalu di Malang, Jawa TimurPerang Bintang pertama dihelat di Semarang, saat kasta tertinggi kompetisi di negeri ini bernama Divisi UtamaKebutuhan dana Perang Bintang ketiga musim ini diambil dari kerja sama paket sponsor dan PT Liga Indonesia dengan total Rp 40 miliar.

"Kebutuhan paling banyak dialokasikan untuk akomodasi dan tarnsportasiItu tidak masalahYang penting, even ini berjalan lancarLaga ini akan jadi puncak perhelatan ISL," terang Joko Driyono.

Joko mengungkapkan, untuk biaya tiket, per kepala menyedot dana Rp 5 juta sampai Rp 7 juta pergi-pulangUntuk pertandingan, PT LI menganggarkan Rp 1 miliarDalam pertandingan Perang Bintang, akan dihelat malam penganugerahan tim juara, runner-up, peringkat ketiga, top scorer, pemain terbaik, tim fair play, dan wasit terbaik(ali/c8/aww)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Roddick Bertekad Patahkan Rekor


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler