Perang Pandan untuk Hormati Dewa Indra

Sabtu, 09 Juni 2012 – 15:45 WIB

AMLAPURA - Tradisi perang pandan kembali diadakan di Desa Adat Tenganan Pegringsingan, Kecamatan Manggis, Karangasem, Bali, kemarin. Seperti tahun-tahun sebelumnya, perang pandan atau geret pandan itu diperuntukkan pemuda yang belum menikah alias taruna.
 
Puluhan taruna menjadi peserta. Bahkan, anak-anak tampak antusias. Beberapa jam sebelum acara dimulai, mereka sudah siap dengan busana adat Bali.
 
Untuk melakukan tradisi itu, peserta tidak mengenakan baju. Mereka hanya memakai kamen (kain) sepinggang dan udeng (penutup kepala khas Bali). Pandan berduri menjadi alat perang mereka. Alat itu juga disipakan sejak pagi. Daun pandan dipotong sepanjang 30 sentimeter, kemudian diikat. Seikat terdiri atas beberapa helai daun.
 
Satu taruna membawa seikat pandan di tangan kanan saat berperang. Sedangkan tangan kiri memegang tameng untuk melindungi diri.
 
Begitu acara dimulai, suara gamelan mengiringi. Peserta anak-anak beraksi terlebih dahulu, baru kemudian taruna. Seakan bangga menjadi peserta, dengan wajah terangkat, mereka menantang lawan yang ada di hadapannya.

Karena telanjang badan, duri pandan dengan leluasa menggores kulit punggung mereka. "Tradisi ini untuk menghormati Dewa Indra sebagai Dewa Perang," ujar I Nengah Timur, tokoh masyarakat. Dia menuturkan, tradisi tersebut merupakan keharusan bagi warga Tenganan karena aliran yang dianut adalah aliran Indra.
 
Mereka percaya bahwa masyarakat Tenganan Pegringsingan adalah keturunan Dewa Indra. Dengan demikian, penerusnya wajib menjadi pasukan yang tangguh. Saat ini perang pandan dianggap menjadi salah satu kesempatan untuk berlatih perang. Meski para peserta benar-benar terluka dalam latihan, mereka tidak boleh menyimpan dendam.
 
Misalnya, Agus, 18, yang menjadi peserta kemarin. Perang itu hanya dianggap sebagai permainan. Bahkan, dia sudah lupa rasanya tergores duri pandan. "Saya sejak kecil ikut (perang pandan), sudah kebal," ujar mahasiswa salah satu universitas di Denpasar tersebut. Karena itu, setelah acara, dipastikan tidak ada dendam di antara mereka. (ket/yes/jpnn/c10/nw)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Dahlan Ngobrol Bareng si Cepot


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler