Perbaikan Standardisasi Operasi SPSL Catatkan Pertumbuhan Kinerja Positif

Kamis, 05 September 2024 – 19:09 WIB
PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL) mencatatkan pertumbuhan kinerja produksi operasional yang positif pada semester I 2024. Foto: Dokumentasi Pelindo

jpnn.com, JAKARTA - PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL) mencatatkan pertumbuhan kinerja produksi operasional yang positif pada semester I tahun 2024.

Seperti diketahui, SPSL adalah Subholding dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kepelabuhanan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo yang bergerak di bidang logistik dan hinterland development.

BACA JUGA: SPSL Customer Hearing 2024 jadi Sarana Meningkatkan Pelayanan Logistik & Hinterland

Senior Vice President Sekretariat Perusahaan SPSL Kiki M. Hikmat mengatakan pertumbuhan kinerja produksi operasional perusahaan didukung perbaikan standardisasi operasi yang terus berjalan di internal perusahaan maupun peningkatan sinergi dan kolaborasi dengan para pelanggan dan para stakeholders.

"Kami optimistis dapat memenuhi harapan para pemegang saham," ujar Kiki di Jakarta (5/9).

BACA JUGA: Ekspansi Bisnis, SPSL Teken MoU dengan Empat Perusahaan Internasional

Kiki menjelaskan pada semester I tahun ini, kinerja produksi operasional layanan pergudangan dan lapangan masing-masing meningkat sebesar 20,5 persen dan 42,7 persen.

Menurutnya, dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

BACA JUGA: Pacu Distribusi Logistik, PT SPSL Kini Jalur Baru Belawan-Pematang Siantar

Pertumbuhan positif juga terlihat pada kinerja produksi operasional layanan multimoda yang naik 78,2 persen.

Kiki menjelaskan seiring dengan pertumbuhan perekonomian Indonesia yang terus membaik sepanjang 2024, produksi dari beberapa pelanggan juga mengalami peningkatan sehingga mendorong peningkatan volume kargo yang di layani perusahaan, baik pada Gudang CFS, Gudang Pendingin (Cold Storage) maupun lapangan domestik dan internasional.

"Hal sama juga terjadi pada Layanan Multimoda," ucap Kiki.

Kiki mengatakan meningkatnya perkembangan Industri pada Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei maupun industri lainnya turut mendorong peningkatan layanan multimoda, khususnya pada rute Belawan - Sei Mangke – Belawan maupun rute Sei Mangke - Kuala Tanjung - Sei Mangkei, dan juga pada rute lainnya yaitu rute Belawan – Pematang Siantar – Belawan yang telah dilayani sejak 2023.

SPSL pun terus melakukan upaya standardisasi dan sistematisasi layanan melalui perbaikan dan peningkatan pada proses, peralatan, SDM, infrastruktur, HSSE, dan teknologi.

SPSL juga berupaya untuk membangun Budaya Keselamatan Kerja melalui penerapan sejumlah program, seperti safety briefing, safety patrol, safety campaign, safety forum, dan Management Walk Through secara berkala, termasuk pemasangan rambu dan marka serta sterilisasi area operasional.

“Kami berkomitmen untuk terus melakukan upaya-upaya perbaikan yang berkelanjutan, baik pada program standarisasi maupun sistemisasi layanan guna mengoptimalkan kinerja operasional," pungkas Kiki. (mcr10/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler