Perbanyak Zona Selamat Sekolah

Minggu, 09 Desember 2012 – 07:10 WIB
MALANG – Tingkat keselamatan pengendara di jalan terus ditingkatkan Dinas Perhubungan Kota Malang. Salah satu upayanya dengan memperbanyak zona selamat sekolah (Zoss) dan pemasangan paku jalan untuk keselamatan pengguna jalan.

Anggaran yang disediakan tidak sedikit. Untuk pengadaan zona selamat sekolah dan pengecatan marka serta pengadaan paku jalan mencapai Rp 4 miliar lebih. Pengadaan zona selamat sekolah dianggarkan sekitar Rp 2,8 miliar dan pengecatan marka serta pengadaan paku jalan sekitar Rp 2 miliar.

“Zona selamat sekolah akan kami perbanyak khususnya di sekolah-sekolah yang berada di pinggir jalan ruas utama. Sebanyak mungkin akan kami buat zona selamat sekolah dengan pengecatan marka jalan warna merah seperti yang sudah di beberapa sekolah,” kata Plt. Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang, M. Syamsul Arifin kepada Malang Post (Grup JPNN), Sabtu (8/12).

Hanya saja, Syamsul tidak menghafal secara persis jumlah sekolah yang akan dibangun Zoss. Harapannya, secara bertahap sekolah-sekolah yang berada di ruas jalan utama yang dapat membahayakan keselamatan para siswa dan pendidiknya dapat dibangun Zoss dengan warna yang mencolok.

Agar para pendidik dan siswa dapat terlindungi dari bahaya ancaman kecelakaan di jalan. Para pengguna jalan pun akan lebih berhati-hati lagi saat melewati Zoss yang ada di depan sekolah.

“Insya Allah bisa tuntas sampai akhir tahun ini pembangunannya. Karena ini berasal dari dana perubahan anggaran keuangan (PAK) APBD 2012,” terangnya.

Tidak hanya Zoss, Dishub juga memperbanyak paku jalan. Hanya saja, paku yang akan dipasang Dishub di jalan bukan paku sembarang, tapi paku yang dapat membantu keselamatan para pengguna jalan, khususnya saat di malam hari.

Paku jalan akan dipasang di jalan-jalan yang tidak ada median jalannya di tengah. Sebagai gantinya, paku jalan itu yang akan membatasinya. Paku jalan yang dipasang akan dapat menyala saat terkena sinar lampu kendaraan.

“Ada dua jenis paku jalan, ada yang menyala warna kuningnya saat terkena sinar lampu, adapula yang tidak menyala. Kami akan pasang paku jalan yang dapat menyala jika terkena sinar lampu saat malam hari. Sebanyak-banyaknya akan pasang di jalan utama Kota Malang,” tambahnya. (aim)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Pungli di Sekolah Masih Saja Terjadi

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler