Percayalah, Massa NU Akan Solid Dukung Anies-Muhaimin

Senin, 18 September 2023 – 15:17 WIB
Dosen Pascasarjana Universitas Nurul Jadid Ahmad Sahidah memprediksi warga NU pada akhirnya akan solid mendukung pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar pada Pemilu 2024 mendatang.

jpnn.com - Dosen Pascasarjana Universitas Nurul Jadid Ahmad Sahidah memprediksi warga NU pada akhirnya akan solid mendukung pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar pada Pemilu 2024 mendatang.

Tren positif tersebut dapat dilihat dari hasil survei terbaru Politika Research and Consulting (PRC) yang dirilis kemarin, Minggu (17/9).

BACA JUGA: PKS Tak Ikut Deklarasi Anies-Muhaimin, Bisa Jadi Itu Taktik

Survei PRC yang dilakukan pada 7-12 September 2023 ini menemukan elektabilitas Anies naik menjadi 18,3 persen dari hasil survei di bulan April sebesar 14 persen.

Hasil sigi bertajuk "Peta Politik Jawa Timur Pasca-Deklarasi Pasangan AMIN" ini juga menunjukkan elektabilitas pasangan Anies-Muhaimin berkisar 18-19 persen dari 3 simulasi.

BACA JUGA: PKS Absen saat Rapat Pemenangan Anies-Muhaimin di Nasdem Tower

Sementara dukungan dari warga NU kepada Muhaimin Iskandar berpasangan dengan Anies Baswedan mencapai 54,7 persen.

"(Kenaikan 4 persen) itu wajar. Karena baru deklarasikan. Teman-teman NU juga baru memulai untuk mendukung Cak Imin," jelas Ahmad Sahidah, Senin, 18 September 2023.

BACA JUGA: Tak Ada PKS di Deklarasi Anies-Muhaimin, Surya Paloh Bilang Begini

Karena itu menurutnya, perlu sosialisasi lebih masif lagi dari tim untuk menyosialisasikan pasangan Anies-Cak Imin (AMIN) ke seluruh daerah, terutama Jawa Timur yang menjadi basis NU dan PKB, partai yang dipimpin Muhaimin.

"Sebab baliho-baliho Anies-Cak Imin itu baru masuk ke Tapal Kuda empat hari yang lalu," jelasnya.

Tapal Kuda merupakan nama sebuah kawasan di bagian timur Provinsi Jawa Timur, yang meliputi Banyuwangi, Bondowoso, Jember, Lumajang, Pasurun, Situbondo dan Probolinggo.

Akademisi yang produktif menulis ini yakin dukungan dari warga NU akan semakin kuat kepada pasangan AMIN seiring dengan gencarnya sosialisasi dilakukan. Karena hubungan emosional NU dengan PKB sangat kuat dan sudah terbina sejak lama.

Meskipun dia tidak menampik NU struktural terutama di tingkat pusat ada yang tidak mendukung pencalonan cicit dari salah satu pendiri NU, KH Bisri Syansuri, yang akrab disapa Cak Imin tersebut.

"Itu wajar saja. Kita pun tahu peta politiknya. Tapi saya pikir relatif kehadiran pasangan ini (AMIN) bisa diterima di pesantren. Karena ikatan emosionalnya sudah terbina sejak dulu. Menurut saya pelan tapi pasti (massa NU) akan solid (dukung AMIN)," ungkap bekas dosen Universitas Utara Malaysia, yang terletak di Sintok, Kedah ini.

Apalagi, dia menjelaskan, KH Hasib Wahab Hasbullah juga sudah menyatakan dukungan dan bahkan menyebut 70 persen warga NU akan mendukung Cak Imin.

Menurutnya, pernyataan anak dari pendiri NU lainnya, KH Wahab Hasbullah tersebut, merupakan dukungan konkret kepada Anies-Muhaimin.

“Saya pikir itu merupakan dukungan moral yang kuat untuk pasangan ini berkontestasi di 2024," tandasnya. (jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : JPNN.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler