Perempuan Tani HKTI Bagi-bagi Sembako Bagi Pedagang Asongan

Jumat, 30 Juli 2021 – 23:31 WIB
Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perempuan Tani HKTI Dian Novita Susanto membagikan bantuan sembako dan masker bagi masyarakat terdampak pandemi di kawasan Kota Tua Jakarta. Foto: Ist for jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) menggelar aksi bagi-bagi sembako di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Aksi bagi-bagi sembako dilakukan kaum perempuan HKTI bertajuk 'Emak-Emak Peduli Covid-19'.

BACA JUGA: Banyak Negara Larang WNI Masuk, Pemerintah Tolong Dengar Saran Mas Anton ini

Pembagian sembako dilakukan sebagai bentuk solidaritas terhadap masyarakat yang membutuhkan bantuan selama perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4.

“Sebagai perempuan kami memiliki rasa empati dan kepedulian yang tinggi. Kami hadir untuk membantu saudara-saudara yang membutuhkan."

BACA JUGA: Pergantian Danlanud JA Dimara Merauke Terpaksa Dilakukan Kerena Ulah Oknum

"Kami juga membuktikan bahwa perempuan tangguh dalam melawan pandemi ini,” ujar Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perempuan Tani HKTI Dian Novita Susanto dalam keterangannya, Jumat (30/7).

Dian menyebut aksi sosial yang mereka lakukan merupakan arahan dari Ketua Umum (Ketum) HKTI Moeldoko.

BACA JUGA: TNI AU Punya Satuan Baru, ini Tugas Utamanya

Pria yang saat ini juga menjabat kepala staf kepresidenan (KSP) itu selalu mengingatkan agar HKTI dekat dan berbagi dengan masyarakat yang saat ini terdampak Covid-19.

"Ketum HKTI Pak Moeldoko selalu mengarahkan kami untuk terus berbagi di saat seperti ini," ungkap katanya.

Dia juga mengatakan perempuan jika diberi ruang dan akses akan menunjukkan kemampuan yang sama seperti laki-laki.

"Tidak sedikit perempuan-perempuan tangguh pemimpin dunia dan figur penting di negara ini yang mampu memberikan inspirasi dalam penanganan Covid-19,” katanya.

Aksi “Emak-Emak Peduli COVID-19” membagikan seribu paket sembako kepada orang-orang yang terdampak pandemi khususnya mereka yang berasal dari golongan ekonomi menengah ke bawah.

Selain membagikan sembako, emak-emak ini juga melakukan aksi patroli protokol kesehatan 5M yang terdiri dari mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

“Jika kami menemui ada yang melanggar prokes 5M tersebut, maka kami akan menegur,” katanya.

Perempuan-perempuan HKTI memulai aksi dari kantor sekretariat HKTI di Menteng, Jakarta Pusat pada pukul 09.00 WIB.

Kemudian bertolak menuju rute aksi yang pertama yakni kawasan Tamansari, Jakarta Barat.

Selanjutnya para emak-emak tangguh ini  mengunjungi kawasan Jalan Mangga Besar Raya Tamansari dan akan membagikan sembako kepada para pedagang kaki lima yang berada di kawasan tersebut.

Setelah itu , rute aksi bagi-bagi sembako dilanjutkan ke Pasar Asemka.

Rute Tamansari akan berakhir di Stasiun Kereta Api Jakarta Kota dan Kawasan Kota Tua di mana pedagang asongan dan penjual dengan gerobak dorong akan menjadi target sasaran penerima sembako.

Tidak hanya di Tamansari, gerakan ini juga menyusuri kawasan Tambora, Jakarta Barat. 

Di antaranya Mapolsek Tambora, Rumah Susun Angke, pangkalan bemo, pinggir kali Tanah Sereal, Pasar Pejagalan, kawasan Jelangkeng dan kawasan sekitar rel kereta api Angke.(gir/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler