Pergaulan Makin Edan, Remaja Kumpul Kebo 3 Tahun

Jumat, 21 Juli 2017 – 01:10 WIB
DOOR TO DOOR: Aparat Satpol PP bersama Kecamatan Balikpapan Utara saat merazia salah satu indekos dan rumah kontrakan, Selasa (18/7). FOTO: Balikpapan Pos/JPNN

jpnn.com, BALIKPAPAN - Sebanyak 25 warga yang tak memiliki kartu identitas terjaring dalam operasi yustisi yang digelar Kecamatan Balikpapan Utara, Selasa (18/7).

Dari jumlah itu, ada dua pasang remaja yang hidup satu atas tetapi belum berstatus suami istri alias kumpul kebol.

BACA JUGA: Praka J, Anda Sungguh Mencoreng Citra TNI

Yang lebih gila, mereka sudah hidup bersama selama tiga tahun.

Kabag Ops Satpol PP Siswanto mengatakan, razia itu bertujuan mengantisipasi terorisme dan tindakan kriminalitas.

BACA JUGA: Hmmm... Kakek Tertangkap Basah Bareng 2 Wanita Muda di Kamar

Sebab, akhir-akhir ini pemerintah pusat mewaspadai penyebaran radikalisme dan terorisme, khususnya di daerah-daerah terpencil.

“Dua pasangan yang diamankan bukan suami istri. Salah satu pasangan tidak memiliki surat nikah selama tiga tahun,” beber Siwanto, Rabu (19/7).

BACA JUGA: Jambret Rampas HP Pelajar, Ada Baret dan KTA TNI di Motornya

Sementara itu Camat Balikpapan Utara Sayid Muhdar mengatakan, razia itu untuk menjalankan perda terkait administrasi kependudukan guna membina warga agar lebih tertib aturan.

Apalagi, Kota Balikpapan menjadi pintu gerbang Kalimantan Timur yang rawan pendatang gelap.

“Ini artinya salah satu langkah membina warga agar tertib aturan. Tadi sudah ada yang melapor dan tidak punya identitas sama sekali. Tujuannya agar semua penduduk yang ada di Balikpapan terdata, baik yang dari luar kota maupun dalam kota,” ujarnya.

Terkait pasangan yang hidup serumah padahal belum menikah, Sayid mengatakan, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Balikpapan.

“Soal penindakannya gimana nanti. Biasanya tetap akan dikembalikan (ke keluarga). Namun, ada peringatan agar lebih tertib dan tidak mengulangi tindakannya,” tambahnya.

Sayid mengakui, masih banyak warga yang belum memiliki identitas tinggal di Balikpapan, khususnya di wilayahnya.

“Kalau semua, sih, tidak. Pasti ada yang tidak tertib. Makanya kami gelar kegiatan ini supaya menertibkan mereka yang tidak melapor,” kata Sayid. (bp-22/yud/k1)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bacalah, Ungkapan Kekecewaan Warga pada Jokowi


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler