Peringatan dari Mabes Polri soal Masker

Kamis, 27 Agustus 2020 – 19:33 WIB
Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono berbicara pada Webinar yang mengangkat thema “Masker? Save Our Live” di Hotel Grand Dhika, Jakarta, Kamis (27/8). Foto: Istimewa for jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, penggunaan masker sangat penting untuk menekan penyebaran pandemi Covid-19.

Pasalnya, banyak kasus penyebaran terjadi karena masyarakat kurang peduli menggunakan masker dalam kegiatan sehari-hari, terutama saat berada di luar rumah.

BACA JUGA: Sebar Masker ke Pedesaan, Gus Jazil Puji Tindakan Kemendes PDTT

“Kasus semacam ini tentunya menjadi peringatan, bahwa ketidakdisiplinan dapat merusak harapan dari tatanan kehidupan baru (new normal)," ujar Argo pada Webinar yang mengangkat thema “Masker? Save Our Live” di Hotel Grand Dhika, Jakarta, Kamis (27/8).

Argo kemudian mengingatkan, tatanan kehidupan baru dapat berjalan dengan baik, jika semua pihak disiplin menjalankan protokol kesehatan.

BACA JUGA: Menkes Terawan Siapkan DP Vaksin Covid-19 Sebesar Rp 3,8 Triliun

Ia menyambut baik Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6/2020 tentang Peningkatan Disiplin Dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan Dan Pengendalian Covid 19.

Menurut Argo, Inpres tersebut telah memberikan jaminan kepastian hukum dan memperkuat upaya pencegahan dan pengendalian Covid 19 di seluruh tanah air.

BACA JUGA: Doni Monardo: Alhamdulillah, Angka Kesembuhan Covid-19 Indonesia Lampaui Global

Ia kemudian mengingatkan, sejarah mencatat ketidakdisiplinan dapat meruntuhkan peradaban.

Karena itu, Argo mengajak semua pihak disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan.

“Dimulai hari ini, dimulai dengan menggunakan masker,” ucapnya.

Webinar kali juga menghadirkan beberapa narasumber lain. Yaitu, jurnalis senior Tommy Suryopratomo, Maman Suherman (penulis) dan Tukul Arwana (publik figur).

Menurut Suryopratomo, semua negara saat ini sedang berlomba menemukan vaksin Covid-19.

Meski penemuan vaksin bukan berarti akan membuat manusia terbebas dari Covid-19, paling tidak akan membuat daya tahan tubuh lebih meningkat.

Suryopratomo kemudian menyebut, bahwa pemakaian masker efektif menurunkan penularan Covid 19 hingga 75 persen.

“Jadi, cara paling efektif menghindari Covid-19 dengan mengubah perilaku, menggunakan masker dan menjaga jarak,” pungkas Tommy. (gir/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Mabes Polri   Polri   Masker  

Terpopuler