Peringatan Keras Kapolri Kepada Mafia Minyak Goreng: Pasti Kami Kejar

Selasa, 22 Maret 2022 – 06:32 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit saat meninjau langsung pabrik minyak goreng PT. Bina Karya Prima di Cilincing, Jakarta Utara pada Selasa (15/3). Foto: Humas Polri

jpnn.com, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta kepada seluruh jajarannya untuk bisa memastikan ketersediaan minyak goreng di pasaran.

Orang nomor satu di Korps Bhayangkara ini juga mewanti-wanti para pelaku usaha, distributor, dan semua pihak yang terlibat dalam penyaluran minyak goreng agar jangan sampai ada penyelewengan.

BACA JUGA: Soal Minyak Goreng Tumpah Viral di TikTok, Ini Kata Kombes Indra

Sebab, apabila kemudian hari ditemukan ada mafia minyak goreng, maka Polri akan menindak tegas.

"Saya ingatkan, jangan ada yang lakukan penyimpangan, apalagi yang harusnya masuk ke jalur konsumen dialihkan ke industri, pasti kami kejar," tegas Sigit dalam siaran persnya, Senin (21/3).

BACA JUGA: Kapolri Perintahkan Anak Buah di Lapangan Awasi Distribusi dan Harga Minyak Goreng

Menurut Sigit, Polri melalui Satuan Tugas (Satgas) Pangan di tingkat pusat maupun daerah akan membantu dalam hal pengawalan, pengawasan dan proses pendistribusiannya ke pasaran.

Mantan Kapolda Banten ini menjelaskan komitmen tersebut untuk memastikan minyak goreng tersalurkan dengan baik ke pasaran dengan dijual sesuai harga eceran tertinggi (HET).

BACA JUGA: Mafia Minyak Goreng Segera Terbongkar, Mendag: 1-2 Hari Lagi

Dengan begitu, kebutuhan masyarakat akan minyak goreng dapat terpenuhi dan tidak ada lagi antrean untuk mendapatkan barang tersebut. 

"Saya minta Bhabinkamtibmas melaksanakan pengecekan ke semua pasar tradisional,” ujar Sigit.

Nantinya, apabila ditemukan kelangkaan atau harga jual yang melebihi HET, petugas di lapangan mesti melapor ke Satgas Pangan.

“Sehingga kami bisa bekoordinasi dengan rekan-rekan produsen dan distributor juga kementerian terkait untuk memastikan semua sesuai aturan," kata Sigit.

Lulusan Akpol 1991 ini juga mengimbau kepada masyarakat supaya tidak perlu khawatir lantaran pemerintah saat ini terus bekerja keras untuk menjamin ketersediaan minyak goreng.

"Sekali lagi saya mengimbau rekan-rekan produsen, rekan-rekan distributor yang sudah terdaftar dan membuat pakta integritas untuk segera salurkan barang, salurkan minyak,” pungkas Sigit. (cuy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Penyataan Mendag dan Polri soal Mafia Minyak Goreng Berbeda, Nah Lho


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler