Peringatan Khusus Sebulan Tragedi Norwegia

Rabu, 24 Agustus 2011 – 09:43 WIB
OSLO - Dua insiden pengeboman kantor pemerintahan dan penembakan masal yang mengguncang Norwegia telah sebulan berlaluTetapi, duka dan trauma masyarakat masih tertinggal

BACA JUGA: Beli Rumah Mewah Rp 112 M, Mantan Menteri Inggris Jadi Sorotan

Untuk menggugah semangat hidup warganya, pemerintah Norwegia menggelar peringatan di Spektrum Hall, pusat Kota Oslo, kemarin (22/8).

Sedikitnya 6.700 warga memadati gedung pertunjukan di ibu kota Norwegia tersebut
Sebagian di antaranya adalah para korban selamat dari serangan maut Anders Behring Breivik beserta para keluarga dan kerabat mereka

BACA JUGA: Putra Khadafi Siapkan Serangan Balik

Pejabat dan keluarga kerajaan Norwegia pun hadir dalam acara yang digelar untuk mempererat persatuan warga tersebut.

"Kami akan menyambut kepulangan jiwa-jiwa yang tersesat
Tetapi, mereka yang sengaja bertahan di jalur kekerasan terpaksa akan kami tumpas

BACA JUGA: 19 TKI Terjebak di Libya

Kemanapun pergi, para penganut kekerasan itu harus berhadapan dengan kami (pemerintah)," tegas Perdana Menteri Jens Stoltenberg yang kemarin memimpin jalannya acara.

Dalam kesempatan itu, Stoltenberg mengimbau seluruh warga untuk saling membantuTerutama, membebaskan korban dan keluarga mereka dari trauma berkepanjangan"Bersama-sama, kita akan mengalahkan kebencianMari kita sambut keterbukaan, toleransi, dan rasa kebersamaan dalam masyarakat," lanjut pemimpin 52 tahun tersebut.

Pidato Stoltenberg mengundang aplaus panjangAir mata haru membasahi pipi para hadirinPenguasa monarkhi Norwegia Raja Harald V juga memberikan pesan samaDia mengajak warga bangkit dari keterpurukan dan mengambil hikmah dari dua tragedi yang merenggut 77 nyawa ituBreivik telah mengakui perbuatannya meski tak menyesal.

Akhir pekan lalu, pemerintah Norwegia mengajak kaum muda yang mengikuti perkemahan di Pulau Utoeya untuk melawan rasa takutSabtu lalu (20/8), mereka dibawa ke pulau yang menjadi tempat pembantaian 69 pemuda ituSehari sebelumnya, para kerabat dan keluarga korban tewas lebih dulu mengunjungi pulau yang berbentuk mirip hati tersebut(AFP/hep/dwi)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dikabarkan Ditangkap, Saif Al-Islam Muncul Ke Publik


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler