Peringati HUT ke-77 RI, Balad Erick Thohir Gelar Kegiatan Unik di 10 Kabupaten

Rabu, 17 Agustus 2022 – 18:01 WIB
Relawan Balad Erick Thohir menggelar sejumlah kegiatan dalam rangka memperingati perayaan HUT ke-77 RI di sepuluh kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat. Foto: Relawan Balad Erick Thohir

jpnn.com, JAKARTA - Relawan Balad Erick Thohir menggelar sejumlah kegiatan dalam rangka memperingati perayaan HUT ke-77 RI di sepuluh kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat.

Acara yang dihelat pada Rabu, 17 Agustus 2022 ini tampak meriah, unik, dan penuh sukacita.

BACA JUGA: Balad Erick Thohir dan Pegiat Sisingaan Deklarasikan Dukungan di Subang

Salah satu kegiatan unik yang dihelat Balad Erick Thohir adalah Pawai Dongdang yang diadakan di Kampung Garisul, Jasinga, Kabupaten Bogor. Kegiatan ini diadakan sebagai bentuk syukur atas nikmat kemerdekaan.

Ratusan warga mengarak beberapa alat pikul padi yang terbuat dari potongan batang bambu setinggi orang dewasa.

BACA JUGA: Gandeng Pegiat Seni Budaya, Balad Erick Thohir Deklarasikan Dukungan di Subang

Pawai dongdang makin meriah karena disertai arakan hasil bumi dan makanan yang dihias aneka bentuk dan diiringi suara kendang penca, angklung dan pukulan lesung.

Balad Erick Thohir juga menggelar aneka lomba tradisional seperti balap karung, tarik tambang, hingga panjat pinang di Ciawang, Tasik.

BACA JUGA: Puan Pakai Kebaya Kartini Berselendang Merah di Upacara HUT ke-77 RI di Istana, Nih Maknanya

Sementara di Gang Gebang, Ciamis, juga menggelar jalan santai, donor, darah, hingga pemberian santunan kepada anak yatim dan para jompo.

Selain sebagai ungkapan rasa syukur, atas kemerdekaan yang diraih, Perwakilan Kornas Balad Erick Thohir, Ma’ruf Mutaqin menyebut beragam kegiatan tersebut diadakan sebagai upaya pelestarian tradisi dan permainan tradisional.

Ma’ruf berharap lewat tradisi dan permainan tradisional tersebut, anak-anak muda memiliki pertimbangan alternatif saat mereka mengartikulasikan identitasnya sebagai anak bangsa.

“Harus diakui jika fenomena CFW yang viral beberapa waktu lalu adalah buah dari artikulasi anak muda yang bosan terhadap budaya pop, namun juga tak menemukan tempat di budaya tradisional kita. HUT RI seperti ini harus jadi momentum untuk mengenalkan keunikan dan keseruan warisan leluhur,” ujar Ma’ruf.

Pegiat literasi digital ini juga menginginkan anak-anak muda khususnya di Jawa Barat bisa bebas berekspresi namun tetap menjaga identitasnya sebagai orang sunda.

“Ada banyak contoh, bagaimana musik atau budaya tradisional bisa berbicara di kancah dunia,” ujar Ma’ruf.

“Saya teringat dengan lulusan SMK yang kini jadi musisi sekaligus Youtuber. Ya, dia adalah Alffy Reef yang sukses memadukan instrumen musik tradisional dan Elekronic Music Dance (EDM) dalam karya-karyanya. Saya membayangkan kelak ada Doel Sumbang atau Kabayan milenial dan kekinian,” ungkap Ma’ruf.

Dengan begitu, kata Ma’ruf, bangsa Indonesia khususnya warga Jawa Barat akan pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

Untuk diketahui, Balad Erick pada perayaan HUT ke-77 RI kali ini menggelar kegiatan di 10 Kabupaten/Kota meliputi Kabupaten Bogor, Kabupaten Bandung Barat, Kota Bandung, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Bandung, Kota Banjar, Kota Tasik, Kabupaten Tasik, dan Kabupaten Garut.

Selain sebagai bentuk perayaan HUT RI, kegiatan ini juga merupakan kick off untuk berbagai kegiatan lainnya yang akan dihelat Balad Erick Thohir di Jawa Barat.

Balad Erick Thohir berharap warga Jawa Barat tidak saja mengenal sosok Menteri BUMN Erick Thohir, tetapi dapat merasakan program-programnya yang positif.(fri/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler