Peringati HUT RI, Penggemar Mobil Kuno Napak Tilas Peristiwa Rengasdengklok

Minggu, 16 Agustus 2015 – 22:44 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Para penggemar mobil antik yang tergabung dalam  Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) memiliki cara tersendiri untuk menyemarakkan peringatan hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan RI ke-70. Caranya adalah dengam melakukan napak tilas dari Menteng, Jakarta Pusat ke Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat, Minggu (16/8).

Menurut penasihat PPMKI, KRMT Roy Suryo, napak tilas sudah menjadi agenda tahunan tradisi bagi organisasinya. “Napak tilas sudah menjadi tradisi PPMKI dalam memeringati kemerdekaan RI,” ujarnya melalui layanan pesan singkat.

BACA JUGA: Berikut Nama-nama Anggota Paskibraka dan Asal Sekolahnya

Roy menjelaskan, PPMKI dalam kegiatan napak tilas kali ini menggandeng Komunitas Jeep Kuno, Masyarakat Otomotif dan Pelestari Sejarah. Konvoi dimulai dari Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat pukul 10.00 tadi.

BACA JUGA : Penggemar Mobil Antik Napak Tilas Rute saat Soekarno-Hatta Diculik

BACA JUGA: Ketua Umum Harley Davidson: Naik Becak atau Andong Saja!

Roy yang juga kolektor berbagai jenis Mercedes Benz itu menambahkan, acara PPMKI kali ini memang tanpa dukungan dari pemerintah. Hal itu berbeda dengan kegiatan PPMKI pada tahun-tahun sebelumnya.

BACA JUGA: Adhyaksa Minta Pemerintah Beri Perhatian Lebih pada Pramuka

Roy Suryo. Foto: dokumen JPNN

Namun demikian, kata pria asal Yogyakarta itu, PPMKI tetap melaksanakan agenda napak tilas. “PPMKI tetap jalan terus kendati tanpa dukungan pemerintah,” tandas mantan menteri pemuda dan olah raga itu.

Napak tilas Menteng-Rengasdengklok merujuk pada peristiwa penculikan terhadap Soekarno-Hatta pada 16 Agustus 1945. Penculiknya adalah sekelompok pemuda antara lain Chairul Saleh, Soekarni dan Wikana yang berupaya mendesak Dwi Tunggal itu  mempercepat proklamasi kemerdekaan RI.

Soekarno-Hatta diboyong secara paksa dari Menteng ke Rengasdengklok. Aksi penculikan itulah yang kemudian dikenal dengan Peristiwa Rengasdengklok.(ara/jpg/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ada Informasi Trigana Air yang Hilang Terbang Rendah di Lokasi Ini


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler