Adhyaksa Minta Pemerintah Beri Perhatian Lebih pada Pramuka

Minggu, 16 Agustus 2015 – 20:08 WIB
Ilustrasi.

jpnn.com - JAKARTA  - Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault meminta agar Pemerintah memberikan perhatian lebih kepada Gerakan Pramuka. Sebab sebagai sebuah organisasi kepanduan, Pramuka mengandung nilai-nilai revolusi mental yang sangat dibutuhkan oleh bangsa Indonesia.

“Pramuka memiliki Dasa Dharma Pramuka. Sebelum dicetuskannya revolusi mental, nilai-nilai yang revolusi mental khususnya bagi generasi muda ada dalam Dasa Dharma dan Tri Satya Pramuka itu. Makanya Pemerintah seharusnya memberikan perhatian lebih kepada Pramuka,” kata Adhyaksa Dault di sela-sela persiapan Upacara Hari Pramuka (16/8).

BACA JUGA: Ada Informasi Trigana Air yang Hilang Terbang Rendah di Lokasi Ini

Hari ini merupakan puncak Peringatan Hari Pramuka di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta. Upacara langsung dihadiri Presiden Joko Widodo selaku Majelis Pembimbing Nasional (Mabinas). Dia juga menjadi Pembina Upacara  dalam upacara yang diikuti ribuan anggota Pramuka. 

Lebih lanjut, Adhyaksa menjelaskan bahwa bentuk perhatian Pemerintah misalnya adalah terhadap pelaksanaan kegiatan atau kurikulum Pramuka. 

BACA JUGA: Kondisi Ambisibil Gelap Sulitkan Pencarian Trigana Air

“Kegiatan Pramuka sudah diwajibkan di setiap sekolah sebagai ekstrakurikuler, namun itu hanya menjadi seragam saja. Tidak ada kewajiban untuk ada pelajaran atau latihan Pramuka di dalamnya. Anak didik jadi tidak mengerti apa dan bagaimana Pramuka. Padahal Gerakan Pramuka inilah yang berbasis pendidikan karakter yang mampu merealisasikan revolusi mental,” kata Adhyaksa.

“Mana ada anggota Pramuka tawuran? Mana ada anggota Pramuka tertangkap menggunakan narkoba,” tambah Adhyaksa mencontohkan.

BACA JUGA: Nanan Sudah Ingatkan Ini: Pak Kapolres Kalau Ada Pengendara Moge Melanggar Tertibkan!

Oleh karena itu, Adhyaksa setuju apabila Pramuka ada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), bukan di bawah Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora). “Pramuka bukan Ormas, tapi organisasi yang menaungi para pelajar dengan berbasis pendidikan karakter,” ujarnya.

Tahun depan, akan diselenggarakan kegiatan Jambore Nasional di Jakarta. Namun hingga kini belum ada pembenahan terhadap fasilitas Jamnas di Cibubur. Ini juga perlu menjadi perhatian pemerintah agar kegiatan tersebut dapat terlaksana dengan baik. (mas/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dihadang Kabut, Pencarian Lewat Udara Dihentikan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler