Peringkat Kekuatan TNI di Dunia Turun, di Asia Tenggara...

Rabu, 20 April 2016 – 13:21 WIB
Ilustrasi TNI. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - PERINGKAT kekuatan Tentara Nasional Indonesia (TNI) versi survei terbaru Global Firepower (GFP), turun. Sebelumnya, TNI berada di posisi ke-12 dengan indeks kekuatan (power index score-PwrIndx) 0.5231.

Kini, dari hasil survei GFP terbaru, TNI turun ke peringkat 14. Namun, indeks kekuatannya justru membaik yakni di angka 0, 3354 (semakin kecil indeks, semakin kuat peringkat militer).

BACA JUGA: Soal Siyono, DPR: Ada yang Tak Beres!

Peringkat yang dikeluarkan oleh GFP ini mengambil 50 faktor untuk menentukan kemampuan militer sebuah negara. Di antaranya, faktor geografis, populasi, personel militer, anggaran militer, peralatan tempur hingga termasuk utang luar negeri negara tersebut. Setidaknya, terdapat 126 negara di dunia yang disurvei. 

TNI kini berada di bawah Pakistan (13), Mesir (12), Korea Selatan, Italia, Jerman, Turki, Jepang, Inggris Raya, Prancis, India, Tiongkok, Rusia dan Amerika Serikat di peringkat pertama. (Lihat ranking GFP)

BACA JUGA: KPK: Kami Percaya BPK

Ya, kekuatan militer Negeri Paman Sam masih paling menakutkan di dunia. Indeks kekuatannya juga semakin ganas, dari 0,1661 menjadi 0,0897.

Kalau dipersempit di zona Asia, TNI kini berada di peringkat kedelapan (turun dua peringkat) di bawah Rusia yang dimasukkan ke perankingan Asia, kemudian Tiongkok, India, Jepang, Turki, Korsel dan Pakistan.

BACA JUGA: Seru, Ruhut Cekcok dengan Kader PKS Gara-Gara Pentolan FPI

Oke!

Di Asia Tenggara? Jelas TNI masih berada di atas militer negara tetangga seperti Vietnam (17 dunia), Thailand (20 dunia), Myanmar (33), Malaysia (34), Singapura (64), Kamboja (88) dan Laos (121). (adk/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kabar Terbaru Soal Penetapan Kuota CPNS 2016


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler