Perjalanan Eatsambel Kenalkan Sambal Khas Indonesia, Cetak Penjualan Naik 3 Kali Lipat di Shopee Live

Jumat, 12 Juli 2024 – 06:57 WIB
Founder Eatsambel Yansen Gunawan menceritakan kesuksesannya membuat produk sambal khas Indonesia dalam kemasan dengan kualitas dan rasa yang enak hingga sukses mencetak peningkatan penjualan hingga 3 kali lipat di Shopee Live. Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, menyantap hidangan terasa kurang lengkap tanpa kehadiran sambal.

Kehadiran sambal yang memberikan sensasi rasa pedas menjadi cita rasa yang tidak terpisahkan dari budaya kuliner nusantara.

BACA JUGA: Shopee Bagikan Tren Produk Lokal Paling Dicari Pengguna di Berbagai Pulau di Indonesia

Bukti kecintaan masyarakat Indonesia terhadap rasa pedas yang mampu melengkapi rasa dan menambah selera makan menjadi peluang bisnis yang diamati Yansen Gunawan saat menciptakan Eatsambel.

Awalnya, Yansen mencoba untuk memberikan sambal buatannya tersebut secara gratis kepada para kerabat.

BACA JUGA: Hore, JNE Garansi Ketepatan Waktu Pengiriman Bagi Pelanggan Shopee

Namun, kini Eatsambel yang diciptakan Yansen bisa dikenal secara luas sebagai brand sambal lokal dalam kemasan dengan kualitas dan rasa yang enak.

Kesuksesan brand lokal ini juga turut didukung dengan bergabungnya bersama Shopee untuk meningkatkan jangkauan penjualan dan memanfaatkan fitur-fitur, seperti Shopee Live dan Shopee Video.

BACA JUGA: Shopee Live Sukses jadi Motor Penggerak UMKM & Brand Lokal Awal di 2024

Founder Eatsambel Yansen Gunawan mengatakan walaupun tiap orang memiliki selera makanan yang berbeda-beda, namun sambal menjadi satu cita rasa yang dicari semua masyarakat Indonesia.

"Maka dari itu, kami ingin produk Eatsambel bisa dicoba dan menjadi teman makan seluruh orang Indonesia," kata Yansen Gunawan.

Dia menyampaikan berbagai inisiatif dan inovasi yang Shopee hadirkan telah membantu Eatsambel dalam merealisasikan mimpinya.

Tidak terkecuali dua fitur interaktif Shopee Live dan Shopee Video yang menjadi solusi baginya dalam melewati masa sulit saat pandemi.

"Awalnya, Shopee Live menjadi strategi pemasaran yang kami gunakan untuk menjawab perubahan perilaku belanja masyarakat. Namun ternyata banyak sekali manfaat dan dampak positif yang kami rasakan hingga hari ini, mulai dari memperluas jangkauan pasar, menciptakan interaksi dengan konsumen, bahkan juga peningkatan transaksi yang signifikan," terangnya.

Yansen mengungkapkan melalui kolaborasi bersama Shopee Live, pada kampanye angka kembar Shopee, total transaksi Eatsambel berhasil meningkat hingga 3 kali lipat dibandingkan biasanya.

Untuk melengkapi pengalaman konsumen dalam membeli dan mencoba produk yang dimiliki, Eatsambel yakin sebuah brand tidak boleh hanya berfokus untuk berjualan saja, tetapi juga harus melayani dan menghibur para calon konsumen.

Memiliki produk yang bermain dengan sensasi rasa, fitur Shopee Live dan Shopee Video menjadi strategi penting yang dilakukan Eatsambel dalam membantu konsumen melakukan keputusan pembelian.

Melalui Shopee Live, Eatsambel dapat mendeskripsikan cita rasa dari masing-masing varian produk, menunjukkan bahan baku alami yang terkandung dalam produk, serta memberikan rekomendasi dan menjawab secara langsung pertanyaan yang muncul di kolom komen.

Mengusung konsep komedi, Eatsambel juga memanfaatkan Shopee Video untuk memberikan tips dan kreasi makanan yang cocok dengan produk Eatsambel sambil berkolaborasi dengan figur selebriti ternama.

Yansen menyebutkan tiga nilai penting dari konten video Eatsambel adalah ringan, lucu dan tradisional.

"Karena itu, kami mengangkat cerita berdasarkan kehidupan sehari-hari kami yang dikemas dengan konsep komedi ringan, seperti konten video pendek yang lucu bersama para karyawan maupun selebriti ternama," jelasnya.

Dia meyakini kekuatan dari Eatsambel adalah kreativitas yang mereka miliki, dan dengan hadirnya Shopee Video ini menjadi wadah bagi mereka untuk menyalurkan berbagai ide untuk menghibur konsumennya.

"Selain membantu kami, tentunya fitur interaktif ini juga semakin memudahkan konsumen Eatsambel karena mereka bisa langsung membeli produk kami melalui Keranjang Orange sambil menikmati promo dan diskon spesial untuk pembelanjaan dari Shopee Live maupun Shopee Video,” ujar Yansen atau yang akrab dipanggil Mas Yangun oleh para konsumen Eatsambel.

Perjalanan Eatsambel, pesona warisan resep turun temurun yang bertemu dengan inovasi digital dari Shopee

Didirikan pada 2018, Eatsambel berawal dari keinginan Yansen untuk bisa mengobati kerinduan masyarakat Indonesia yang tinggal di luar negeri akan cita rasa sambal, yang sulit ditemukan di luar tanah air.

Dia juga menyadari banyak orang menyukai sambal, tetapi tidak semua orang bisa dan mau repot untuk membuat sambal yang lezat.

Oleh karena itu, bermodal resep sambal turun temurun dari keluarganya, Eatsambel hadir dengan cita rasa rumahan yang sesuai dengan selera orang Indonesia.

Seluruh produk Eatsambel dibuat menggunakan komposisi bahan alami untuk selalu menjaga kualitas kesegaran serta menjamin kenikmatan dan rasa terbaik saat sampai di tangan konsumen.

Maka dari itu, Yansen bekerja sama dengan para petani cabai yang tersebar di berbagai daerah untuk menunjukkan kualitas bahan baku lokal yang Indonesia miliki.

Berbagai macam bahan baku lokal ini dikreasikan Yansen menjadi 4 varian cita rasa sambal khas Indonesia yang dikemas dengan nama yang unik, mulai dari Cumi Ciamik, Cakalang Rindu, Ayam Suwir Icikiwir, dan Teri-Ngat Kamu.

“Kami sangat bersyukur kehadiran Eatsambel tidak hanya dapat menemani konsumen saat menyantap makanan, tetapi juga dapat berkontribusi untuk meningkatkan penjualan cabai dari petani daerah dan berhasil membuka lapangan pekerjaan untuk banyak ibu rumah tangga yang menjadi tulang punggung dari keluarga mereka,” imbuh Yansen.

Proses produksi produk sambal Eatsambel. Foto: source for jpnn

Yansen juga meyakini dalam bisnis kuliner yang dibutuhkan bukan hanya rasa yang enak, melainkan juga branding produk itu sendiri.

Untuk itu, dia pun memanfaatkan Shopee untuk mendukung bisnisnya dan menjangkau target pasar yang dimiliki.

Eatsambel pun langsung mengawali awal perjalanan bisnis bersama Shopee, karena berbagai kemudahan yang ditawarkan bagi brand baru dalam mengenalkan produk dan memulai bisnis mereka.

Berawal dari hanya memperkenalkan varian produk dengan foto yang cantik, sekarang Shopee sudah menyediakan berbagai wadah lain untuk menyalurkan kreatifitas Eatsambel melalui Shopee Video dan Shopee Live.

Berbekal memanfaatkan kampanye, program dan fitur interaktif yang Shopee miliki, Eatsambel bisa semakin dikenal masyarakat dan menjadi pilihan utama saat mereka ingin membeli produk sambal kemasan, di mana varian Eatsambel Cumi Ciamik menjadi favorit para pengguna Shopee.

“Kami percaya bahwa ‘inovasi’ dan ‘kreativitas’ adalah kunci utama bagi brand dalam mencapai kesuksesan," tegas Yansen.

Salah satu caranya, lanjut Yansen, adalah tidak berhenti mempelajari tren dan memanfaatkan inovasi teknologi yang ada dengan cara yang khas dan berbeda dengan yang lain, seperti yang Eatsambel lakukan bersama fitur Shopee Live dan Shopee Video.

"Kami berharap ke depannya semakin banyak brand lokal yang mengadopsi kedua fitur interaktif ini untuk memudahkan komunikasi dengan calon konsumen," ujar Yansen.

Sebab, Yansen percaya ini adalah awal dari sebuah inovasi besar dalam menciptakan pengalaman belanja yang personal, mudah, dan menyenangkan.

"Bagi brand yang baru memulai, kami percaya Shopee Live dan Shopee Video akan menjadi salah satu kunci besar dalam memenangkan perhatian para konsumen dan memberikan dampak positif bagi bisnis,” pungkas Yansen.

Temukan sensasi cita rasa kuliner nusantara dan nikmati beragam promo terbaik bersama berbagai brand lokal favorit hanya di Shopee!

Caranya mudah dengan mengunduh aplikasi Shopee secara gratis melalui App Store atau Google Play dan segera aktifkan ShopeePay. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler