Perjalanan Rohani Cahyono, Siapa yang Mengislamkan?

Sabtu, 27 Mei 2017 – 08:15 WIB
Perjalanan Rohani Cahyono, Siapa yang Mengislamkan? Foto Jawa Pos/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Setelah melalui perenungan panjang, Pelawak Cahyono akhirnya menjadi muslim. Dia mendapat hidayah dari Allah SWT melalu perantara dari seseorang.

Cahyono kembali berikrar menjadi pemeluk Islam, meski sebelumnya dibaptis dengan nama Paulus Tjahyono.

BACA JUGA: Perjalanan Rohani Cahyono yang Punya Nama Baptis Paulus Tjahyono

Dia menceritakan, orang yang paling berjasa dalam membimbing dirinya memeluk Islam adalah Roma Irama, si Raja Dangdut.

Perjalanan Rohani Cahyono yang Punya Nama Baptis Paulus Tjahyono. Foto Jawa Pos/JPNN.com

BACA JUGA: Cahyono Meninggal saat Tertidur

“Saya sering berdialog tentang Islam. Kebetulan dia (Roma Irama), tahu banyak tentang ajaran-ajaran Katolik. Dari diskusi itulah, ditambah dengan mempelajari sendiri buku-buku Islam, saya semakin meyakini kebenaran Islam.” imbuhnya.

Alhasil, tepatnya hari raya Idul Fitri pada tahun 1992 silam, Cahyono ucapkan dua kalimat Syahadat dan memeluk Islam saat itu di Masjid Agung Banyuwangi, Jawa Timur

BACA JUGA: Pelawak Cahyono Meninggal Dunia Saat Tidur

“Saya mengucapkan ikrar dua kalimat syahadat, di bimbing K.H. Rahatib dan disaksikan ribuan umat Islam. Tentu saja orang tua saya sangat senang menyambut keislaman saya. Seolah olah beliau telah menemukan kembali anaknya yang hilang.” bebernya.

Dua bulan memeluk Islam Cahyono melangsungkan Ibada Haji. Biaya Ibadah Haji itu didapatkan gratis dari salah satu biro perjalanan haji.

“Saya ditawari pergi haji gratis. Wah, tidak dapat saya ungkapkan rasa syukur saya waktu itu. Baru dua bulan masuk Islam sudah menerima karunia yang tidak terhingga, untuk melaksanakan sunnah Nabi Ibrahim a.s.” ungkapnya.

Sejak itu, Cahyono menuntut ilmu agama di Pondok Pesantren Assidiqiyah, Kedoya, Jakarta Selatan, diajar langsung oleh K.H. Noer Muhammad Iskandar S.Q.

Akhirnya pada tahun 1995, Cahyono mulai diundang di berbagai majelis untuk mengisi kajian-kajian Islam.

Tuhan pun memanggilnya. Kamis (25/5) sekitar pukul 12.00 WIB di kediamannya di Jalan Madrasah 1, Sukabumi Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Eks anggota komedi Jayakarta Grup, Cahyono meninggal dunia di usia 65 tahun. Jenazah pria kelahiran Banyuwangi, Jawa Timur, pada 26 Desember 1951 itu dimakamkan di TPU Komplek TVRI, Senayan, Jakarta Pusat selepas salat Ashar.

Selamat Jalan Cahyono! (dal/fajar/jpnn/bagian-2/habis)


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler