Perjalanan Satu Dekade Capaian WhatsApp

Selasa, 26 Februari 2019 – 21:20 WIB
Ilustrasi Aplikasi WhatsApp. Foto: Phone Arena

jpnn.com - WhatsApp telah merayakan ulang tahunnya yang ke-10. Dalam satu dekade ini, aplikasi pesan singkat itu telah mengalami perkembangan fitur-fitur di dalamnya.

Melansir Phone Arena, Selasa (26/2), ini merupakan jalan panjang bagi WhatsApp, jadi wajar saja jika WhatsApp memiliki lebih dari 1,5 miliar pengguna setiap bulan.

BACA JUGA: Bermodal Comot Foto di FB, AS Berhasil Tipu Rp 14 Juta

BACA JUGA: WhatsApp Tak Lagi Sedot Kuota Google Drive

Selama satu dekade, WhatsApp telah menorehkan berbagai prestasinya. Berbagai fitur pada WhatsApp pun bermuculan yang memudahkan penggunannya. Berikut perjalanan WhatsApp.

BACA JUGA: WhatsApp Business Akan Hadir di iOS

WhatsApp didirikan pada 24 Februari 2009. Kala itu aplikasi ini sudah hadir di ponsel Android dan iPhone. Pada Desember, WhatsApp sudah menghadirkan fitur berbagi video dan foto.

Masuk pada Juni 2010, WhatsApp menghadirkan fitur berbagi lokasi. Sedangkan pada Februari 2011 mereka merilis grup chat. Selanjutnya pada Oktober, 1 miliar pesan telah dikirimkan di WhatsApp dalam sehari.

BACA JUGA: WhatsApp Blokir 2 Juta Akun Penyebar Berita Hoaks

WhatsApp makin menjadi platform favorit pengguna. Per April 2014, jumlah pengguna WhatsApp tembus 500 juta pengguna.

WhatsApp terus menghadirkan fitur. Pada November, WhatsApp merilis fitur centang biru, untuk menandakan pesan pengguna telah diterima dan dibaca penerima.

Kemudian pada Januari 2015, WhatsApp memperluas aksesnya ke versi komputer desktop dengan merilis WhatsApp Web.

Menginjak 2016, WhatsApp usianya yang ke-7 tahun, pengguna aktif WhatsApp bulanan mencapai 1 miliar pengguna. Pada tahun itu, WhatsApp menghadirkan sejumlah fitur baru yang penting bagi pengguna.

Pada April 2017, WhatsApp menghadirkan fitur privasi dengan merilis enkripsi end-to-end. Selanjutnya pada Mei, WhatsApp merilis aplikasi desktop WhatsApp pada November, kemudian fitur video calling.

Pada 2018 jumlah pengguna aktif bulanan WhatsApp Business mencapai 1,5 miliar pada Januari. Lalu masuk pada Juli, WhatsApp merilis panggilan grup dan pada Oktober tahun lalu, WhatsApp makin berwarna dengan fitur stiker. (mg9/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Facebook Messenger Sudah Bisa Hapus Pesan Seperti WhatsApp


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler