Perkenalkan Ferrari STR4, Toro Rosso Tak Patok Target

Selasa, 10 Maret 2009 – 14:42 WIB
JEREZ - Scuderia Toro Rosso menjadi tim terakhir yang meluncurkan mobil baru untuk musim Formula 1 2009Kemarin pagi, mobil STR4 bermesin Ferrari itu diperkenalkan di Sirkuit Barcelona, Spanyol.

Sebenarnya, tidak ada yang baru dari STR4

BACA JUGA: Saktiawan Kian Sakti

Penggemar F1 mungkin sudah tahu, sejak musim lalu Toro Rosso dan "saudara besarnya", Red Bull Racing, sudah berbagi desain mobil
Jadi, tampilan STR4 ini kurang lebih sama dengan Red Bull-Renault RB5 yang sudah diperkenalkan sejak awal Februari lalu.

Mobil STR4 ini sebenarnya juga sudah turun ke lintasan pekan lalu

BACA JUGA: Pacman Sibuk Urusan di Luar Ring

Mobil itu menjalani pengecekan sistem di Sirkuit Adria, Italia
Namun, untuk ujicoba adu cepat dengan tim lain, memang baru dimulai kemarin di Barcelona.

Dan karena Red Bull RB5 sudah lama latihan, jadi Toro Rosso pun sudah punya gambaran dasar tentang performa STR4

BACA JUGA: Ronaldo Cetak Gol Lagi

Franz Tost, bos tim itu, mengaku optimistis dengan performa mobil rancangan Adrian Newey tersebut.

"Dari latihan pertama Red Bull di Jerez (Spanyol, Red), tampaknya mobil ini langsung cepat dari awalAdrian Newey dan timnya telah menghasilkan paket mobil yang menjanjikan," katanya.

Hanya saja, soal target, Tost tak mau bicara terlalu banyakDia sadar, tahun lalu Toro Rosso melebihi segala targetMeski baru memakai mobil baru di seri keenam di Monaco, Toro Rosso musim lalu mampu mengalahkan perolehan poin Red Bull Racing dan beberapa tim lain yang lebih "kaya"Bahkan, di tangan Sebastian Vettel, Toro Rosso mampu mencuri kemenangan di Monza, Italia.

Tost mengakui, akan sangat sulit untuk mengulang sukses tersebutKarena itu, soal target, pihaknya mematok yang lebih "abstrak"Jadi pada dasarnya, target Toro Rosso musim ini bergantung pada performa lawan.

"Target kami adalah meninggalkan sirkuit pada Minggu malam dengan perasaan puas, bahwa kami telah memberikan yang terbaikApa hasil yang diraih bergantung pada pencapaian tim lain," paparnya.

Apalagi, tahun ini Vettel sudah "dinaikkan" ke Red Bull RacingSebagai pengganti, Toro Rosso mendapatkan pembalap muda lain yang menjanjikan, Sebastien BuemiDia akan menemani Sebastien yang lain, yaitu Sebastien Bourdais.

Kombinasi ini dianggap sebagai kombinasi idealBuemi punya potensi besar, sedangkan Bourdais adalah "stabilitator" karena lebih senior dan berpengalaman.

Sebagai satu-satunya rookie (pendatang baru) di musim F1 2009 ini, Buemi pun ikut mencoba menjaga ekspektasiDia sadar Vettel tahun lalu tampil spektakuler, dan performa itu bakal dijadikan alat pengukur.

"Di Formula 1 segalanya berubah dengan cepatDan Vettel telah tampil fantastis," kata pembalap asal Swiss ini"Kami harus menunggu dan melihat seperti apa potensi yang kami miliki," tambahnya.

Buemi menegaskan bahwa dia tak ingin performa dan prestasi tim mundur musim iniTapi ya, itu tadi, harus lihat dulu situasi"Kalau mobil ini cepat, maka kita bisa mencapai hasil baikKalau tidak, maka kita harus mencoba memberikan yang terbaik," tandasnya.

Kemarin, STR4 menjalani uji coba perdana di BarcelonaSesi latihan ini berlangsung beberapa hariPekan depan, STR4 dan mobil-mobil baru lain akan menjalani sekali lagi rangkaian ujicobaSetelah itu bakal terbang ke Melbourne, Australia, untuk mengikuti seri perdana, 27-29 Maret nanti(aza)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Howard Menang Duel Superman


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler