Perkuat Data, Indosat Gandeng DDI

Selasa, 17 Januari 2012 – 11:08 WIB
JAKARTA - PT Indosat Tbk menggalang kerja sama dengan Dimension Data Indonesia (DDI). Manajemen Indosat memahami peluang yang ditawarkan komputasi awan (cloud computing) DDI. Sebuah perusahaan penyedia solusi dan layanan information communication technology (ICT) pada akhir Desember lalu.

Perjanjian kerja sama untuk menghadirkan portfolio secara menyeluruh layanan komputasi awan di lini bisnis Indosat dan pelanggannya di Indonesia dalam kerangka onecloudTM. Dengan kemitraan tersebut, Indosat bermaksud memperkuat kehadirannya di pasar layanan komputasi awan di Indonesia dengan memanfaatkan keahlian Dimension Data dalam hal teknologi awan,  penyampaian layanan,  serta penciptaan layanan.

“Kerja sama dengan Dimension Data Indonesia membuka era baru bagi Indosat dengan merambah ke bisnis awan. Ini akan memperkaya portofolio layanan canggih kami. Itu juga memungkinkan kami membantu perusahaan besar dan usaha kecil menengah (UKM) di Indonesia memasuki era komputasi awan," kata Fadzri Sentosa, Director & Chief Wholesale and Infrastructure Officer, PT Indosat Tbk di Jakarta, Senin (16/1).

Dia mengaku,  kolaborasi yang menggabungkan infrastuktur konektivitas nasional Indosat yang luas dan fasilitas sepuluh data center yang dimiliki Grup Indosat, dengan layanan konsultasi komputasi awan dari Dimension Data, akan menghadirkan rangkaian lengkap layanan kumputasi awan pertama di Indonesia.

“Kami memilih Dimension Data setelah melalui proses seleksi yang ketat. Yang paling membuat kami terkesan dengan tidak hanya kemampuan teknis mereka yang telah terbukti, tetapi juga kemampuan konsultasi bisnisnya juga. Kami senang mereka menjadi bagian dari keberhasilan proyek kami di lima tahun ke depan. Kamu harap dapat melanjutkan dan meningkatkan hubungan kerja sama ini selanjutnya," tambahnya.

Dengan menjalin kemitraan dengan Dimension Data, kata Fadzri, Indosat mampu mengendalikan investasi modal awalnya. Kedua perusahaan akan bersama-sama menjalankan layanan yang ditawarkan untuk periode lima tahun awal.  Indosat bertanggung jawab dalam hal pemasaran, manajemen klien, dan operasi jaringan dan data center. Sementara Dimension Data bertanggung jawab untuk mengelola portofolio layanan onecloud TM beserta pelaksanaannya, arsitektur TI, platform komputasi awan,  dan pengelolaan infrastuktur TI mereka.

Fadzri menambahkan kerjasama ini akan memungkinkan Indosat untuk meluncurkan layanan awan dalam rentang waktu yang lebih cepat dibandingkan apabila Indosat harus mengembangkan infrastuktur awan sendiri. Dengan pengalaman Dimension Data dalam menyediakan dan mengelola layanan awan untuk BSNL di India, PLDT di Filipina dan Hutchison Global Communications di Hong Kong, Fadzri optimistis akan kemampuan Dimension Data untuk menerapkan kerangka onecloud dan telah mempercayakan pelaksanaan seluruh infrastruktur kepada Dimension Data.

Kemampuan dan kompetensi Dimension Data dalam operasi dan manajemen awan semakin diperkuat oleh pengakusisian OpSource baru-baru ini. OpSource adalah perusahaan yang berbasis di Silicon Valley yang menawarkan layanan awan dan managed services bagi perusahaan-perusahaan besar sejak 2002. OpSource membawa serangkaian layanan, arsitektur layanan awan yang aman serta pengalaman yang luas dalam menghadirkan layanan komputasi untuk memenuhi kebutuhan klien di samping infrastruktur awan yang mendukung pembangunan dan pertumbuhan di ruang ini.

“Kami menyambut baik kesempatan ini untuk membuktikan kemampuan teknis dan bisnis kami dalam pemberdayaan dan manajemen awan, bekerja bersama salah satu perusahaan Indonesia yang telah mapan dalam sektor telekomunikasi dan layanan data akan memungkinkan Indosat dan kliennya untuk mempercepat kemajuan mereka menuju komputasi awan” ujar Bambang Patrap, Presiden Direktur Dimension Data Indonesia. (vit)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Bangun 30 Gerai, KFC Tambah Modal

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler