Perkuat Inovasi Smart Mapping, SKK Migas Raih Banyak Apresiasi

Rabu, 20 September 2023 – 18:32 WIB
GeoInnovation Awards 2023 yang diselenggarakan oleh Esri Indonesia memberikan penghargaan kepada sejumlah perusahaan, salah satunya SKK Migas. Foto: dok SKK Migas

jpnn.com, JAKARTA - GeoInnovation Awards 2023 yang diselenggarakan oleh Esri Indonesia memberikan penghargaan kepada sejumlah perusahaan.

SKK Migas dan PT Kideco Jaya Agung muncul sebagai dua dari enam penerima penghargaan itu.

BACA JUGA: SKK Migas Hadirkan Covey dalam Forum Leadership Hulu Migas 2023

SKK Migas dinilai inovatif karena berhasil menciptakan sistem geospasial yang saling terhubung sebagai dasar pertukaran data, informasi, dan pengelolaan data guna mendukung eksplorasi dan operasi hulu migas nasional mengantarkan SKK Migas sebagai penerima penghargaan.

SKK Migas memainkan peran penting sebagai regulator yang bertugas memantau dan mengawasi bisnis hulu migas di Indonesia, dengan tanggung jawab mencapai target produksi 1 juta barel minyak per hari dan 12 miliar standar kaki kubik gas pada 2030.

BACA JUGA: Gus Falah Apresiasi Upaya SKK Migas Dorong Regulasi Sumur Minyak

Salah satu peran penting yang dijalankan adalah menampilkan lokasi geografis, dengan mendukung Kebijakan Satu Peta (One Map Policy) yang dikembangkan Pusat Data dan Teknologi Informasi ESDM (Pusdatin ESDM).

Analis Senior Pengelolaan Data Petroleum di SKK Migas Adji Arwinda mengatakan upaya itu bertujuan untuk memastikan terjadinya pertukaran, pengelolaan, dan pemantauan data migas sebagai aset nasional secara terbuka, digital, dan bebas hambatan.

BACA JUGA: ASMETI Dukung SKK Migas Genjot Produksi Nasional

Kerja sama itu, kata dia, dilakukan oleh tim manajemen data SKK Migas bersama para stakeholder, termasuk perusahaan kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) dan Esri Indonesia sebagai penyedia layanan GIS dan IT.

"Kami berharap di masa depan tidak ada lagi transfer data secara manual dan data silo yang dapat menghambat kinerja para stakeholder di bidang ini," ujar Arwinda, Rabu (20/9).

Arwinda menjelaskan bahwa platform pemetaan berbasis web yang dipilih SKK Migas dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) memungkinkan kedua pihak berkolaborasi dan berbagi wawasan.

Namun, dengan prioritas pada demokratisasi data untuk memenuhi standar tata kelola, penjaminan mutu, dan pelaporan.

Arwinda optimistis bahwa efek berganda dari penggunaan teknologi GIS (yaitu teknologi pemetaan pintar) akan dirasakan secara positif di seluruh industri hulu migas.

“Pengelolaan data hulu yang efektif akan meningkatkan kegiatan eksplorasi dan meningkatkan investasi yang pada akhirnya meningkatkan produksi minyak dan gas. Muaranya adalah menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi bagi pemerintah dari sektor ini,” katanya.

Penghargaan GeoInnovation Awards juga diberikan kepada PT Kideco Jaya Agung - perusahaan pertambangan yang mengelola lahan seluas 47.500 hektar di Kalimantan Timur dan menghasilkan 34,5 juta ton batu bara.

Kepala Pusat Data dan Informasi, Bappenas, Agung Indrajit yang tampil sebagai salah satu pembicara utama menekankan pentingnya kolaborasi dan berbagi data di era digital modern, terutama dalam persiapan menuju Indonesia Emas 2045.

“Para pionir digital yang hari ini menerima penghargaan atas solusi mutakhir telah menunjukkan potensi analisis lokasi untuk menemukan jawaban atas tantangan-tantangan yang ada, yang mungkin sulit diselesaikan dengan cara tradisional. Para inovator ini terus memfasilitasi transformasi bangsa dan perekonomian kita sebagai persiapan untuk masa depan,” kata Agung.

Direktur Esri Indonesia, Leslie Wong, dan Direktur Esri Indonesia, Steven Kusnadi langsung memberikan penghargaan itu kepada para inovator, yakni SKK Migas, PT Kideco, PT PLN (Persero), Telkomsel, PUSHIDROSAL, serta Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan Pemprov DKI Jakarta.

Leslie Wong mengatakan keenam institusi peraih GeoInnovation Awards 2023 telah mewakili lembaga pemerintah dan swasta yang berpikiran maju di Indonesia.

“Mereka memanfaatkan kekuatan intelijen lokasi untuk mengatasi tantangan yang kompleks, sehingga menghasilkan keputusan bisnis yang tepat dan kebijakan pemerintah yang lebih efisien. Kepemimpinan dan pendekatan mereka menjadi tolok ukur bagi organisasi-organisasi lain baik di dalam maupun di luar Indonesia,” ujarnya.

GeoInnovation Awards mempertemukan lebih dari 150 profesional dan pemangku kepentingan utama dari berbagai industri di komunitas spasial Indonesia yang berkembang pesat.(mcr10/jpnn)


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
SKK Migas   migas   industri   Bappenas   Inovasi  

Terpopuler