Perlu Kerja Sama Pemerintah dan Swasta untuk Tanggulangi Tiga Kritis Termasuk Perubahan Iklim

Jumat, 31 Mei 2024 – 05:56 WIB
Chief Operating Officer PT Kideco Edra Emilza memberikan sambutan seusai menerima penghargaan dalam acara Penghargaan TOP CSR Award 2024 di Jakarta, Rabu (29/5/2024). Foto: Dok. Kideco

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Sigit Reliantoro menyebutkan dunia saat ini tengah mengalami tiga krisis.

Ketiga krisis tersebut adalah perubahan iklim, keanekaragaman hayati serta pencemaran.

BACA JUGA: Pemprov Sumsel & Kedubes Kanada Berkolaborasi, Perkuat Penanganan Perubahan Iklim

Sigit Reliantoro dalam sambutannya mewakili Menteri LHK Siti Nurbaya pada acara Penghargaan TOP CSR Award 2024 di Jakarta, Rabu (29/5/2024), mengatakan untuk menanggulangi krisis tersebut perlu kerja sama antara pemerintah dan pihak swasta.

Menurut Sigit, saat ini dunia sedang mengalami tiga krisis, yakni perubahan iklim, keanekaragaman hayati serta pencemaran yang harus diselesaikan secara terintegrasi.

BACA JUGA: KLHK Perkuat Peran Generasi Muda dalam Upaya Konservasi Air

Dia menyebut dunia usaha merupakan aktor utama yang bisa menggerakkan kesejahteraan di dunia.

“Oleh karena itu, saatnya dunia usaha menjadi penggerak untuk mengatasi tiga krisis tersebut. Aksi nyata diperlukan agar program CSR (Corporate Social Responsibilities)  tidak hanya menjadi pencitraan,” ujar Sigit Reliantoro.

BACA JUGA: Kejar Target 2028 Bebas PCBs, KLHK dan UNIDO Bersiap Proyek Pengelolaan Fase 2

Penghargaan TOP CSR Award 2024 yang diikuti oleh 167 perusahaan dari berbagai sektor bertemakan “CSR & ESG Innovation Programs for Sustainable Business Growth.”

TOP CSR Awards merupakan agenda yang dilaksanakan setiap tahun oleh Majalah Top Business bekerja sama dengan sejumlah pihak untuk mendorong peningkatan efektivitas dan kualitas program CSR perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Indonesia.

Penilaian TOP CSR Awards 2024 berbasis ketentuan ISO 26000, ESG (Environment, Social Governance) dan strategi bisnis dari para kandidat pemenang.

Di ajang tersebut, PT Kideco Jaya Agung (Kideco), anak perusahaan energi terintegrasi PT Indika Energy Tbk, kembali meraih penghargaan dalam.

Pada tahun ini, Kideco berhasil meraih penghargaan meliputi Top Leader on CSR Commitment, Top CSR Awards Stars 5 serta Top CSR Platinum Trophy karena berhasil meraih Top CSR Awards Stars 5 selama lima tahun berturut-turut.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Edra Emilza selaku Chief Operating Officer Kideco.

Edra Emilza dalam sambutannya saat menerima penghargaan mengatakan pihaknya berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam pelestarian lingkungan serta pemberdayaan masyarakat.

Menurut Edra, komitmen tersebut selaras dengan strategi bisnis agar kinerja perusahaan dapat terus tumbuh secara berkelanjutan.

Dia mengatakan penghargaan ini menjadi pemacu semangat bagi Kideco untuk terus berkontribusi dalam upaya menjaga lingkungan, menggerakkan ekonomi masyarakat yang sejalan dengan proses bisnis perusahaan.

“Kideco tidak hanya menjalankan bisnis semata, tetapi juga berkontribusi bagi masyarakat,”  ujar Edra Emilza.(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler