Perluas Pasar, Asian Paints Buka Pabrik Pertama di Indonesia

Selasa, 05 September 2017 – 13:23 WIB
K.B.S Anand, Manish Choksi, I.K. Jaiswal, dan Rahul Bhatnagar saat peresmian pabrik di Karawang. Foto: Asian Paints Indonesia

jpnn.com, KARAWANG - PT Asian Paints Indonesia terus berupaya memperluas bisnisnya di tanah air.

Salah satu caranya dengan membangun pabrik di Kawasan Industri Surya Citra, Karawang, Jawa Barat.

BACA JUGA: Realisasi Investasi Hanya Tembus Rp 1.494 Triliun

Pabrik itu diresmikan, Selasa (5/9). Peresmian dihadiri beberapa petinggi PT Asian Paints Indonesia.

Di antaranya, CEO & Managing Director Asian Paints Group K.B.S Anand, Manish Choksi (President Supply Chain, International Business & IT Asian Paints Group), I.K. Jaiswal (Vice President International Business & Chemicals Asian Paints Group), dan Rahul Bhatnagar (President Director of PT Asian Paints Indonesia).

Perusahaan cat yang memiliki lebih dari tujuh ribu karyawan di seluruh dunia itu berinvestasi di Indonesia industri cat dan properti tumbuh pesat.

Asian Paints menggelontorkan dana USD 100 juta untuk berinvestasi di Indonesia.

Perusahaan ini juga telah mengantongi izin dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) untuk membangun infrastruktur di Indonesia sejak 2014.

Pabrik di Karawan dibangun di atas lahan seluas 5,5 hektare. Pabrik itu memproduksi cat dan lapisan dengan standar terbaik menggunakan teknologi coating terdepan.

“Tujuan kami di Indonesia adalah untuk memberikan produk terbaik bagi masyarakat dengan standar kelas dunia di bidang teknologi dan manufaktur. Dalam rentang waktu yang sangat singkat, kami telah menjangkau lebih dari lima ribu pelukis di seluruh Indonesia yang memungkinkan mereka menjual produk dan layanan yang lebih baik kepada konsumen,” kata Rahul Bhatnagar.

Sementara itu, Anand mengatakan, industri cat dan peran Indonesia sangat penting bagi Asian Paints Group untuk pertumbuhan ekonomi di masa depan.

"Indonesia adalah pasar utama bagi kami. Mengingat lanskap dan kompleksitas yang ditawarkan di negara yang beragam ini, kami telah disambut dengan hangat. Pasar telah menerima produk kami dengan sangat baik. Kami pun didukung oleh para mitra distributor. Dukungan ini diperkuat oleh badan pemerintah seperti BKPM. Kabupaten Karawang pun telah memberi dukungan dan memungkinkan kami bergerak lebih cepat,” ujar Anand.

Anand menambahkan, di masa depan, Asian Paints bisa menempati posisi tiga besar perusahaan cat di Indonesia.

Asian Paints juga turut menjaga kelestarian lingkungan dalam memproduksi cat di beberapa pabrik.

Caranya dengan mengurangi konsumsi air tawar yang belum diproses, mengurangi limbah, meminimalisasi limbah berbahaya, serta mengurangi konsumsi listrik.

Asian Paints merupakan perusahaan cat terbesar ketiga di Asia.

Asia Paints juga merupakan perusahaan multinasional terbesar kesepuluh yang memulai bisnis sejak 1942.

Pada 1967, Asian Paints menunjukkan kualitas dengan menjadi market leader untuk industri cat di India.

Asian Paints kemudian melebarkan sayap pada 2002 dengan mengakusisi perusahaan Berger International dan SCIB untuk meningkatkan ekspansi secara internasional.

Sampai 2017, Asian Paints memiliki pabrik yang tersebar di 16 negara.

Saat ini, Asian Paints telah memperluas pasar di 65 negara di seluruh dunia.

Asian Paints juga telah menduduki peringkat kedelapan dalam daftar Forbes sebagai Perusahaan Terinovatif di dunia. Asia Paints juga rutin muncul di Forbes Fab Companies 50. (jos/jpnn)


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler