Perluasan Cakupan Kepesertaan, BPJAMSOSTEK Gandeng Bhabinkamtibmas

Jumat, 03 Maret 2023 – 20:35 WIB
BPJAMSOSTEK Kanwil DKI Jakarta bekerja sama dengan Direktorat Binmas Polda Metro Jaya menyelenggarakan  sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan. Foto dok. BPJAMSOSTEK

jpnn.com, JAKARTA - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Kanwil DKI Jakarta bekerja sama dengan Direktorat Binmas Polda Metro Jaya menyelenggarakan sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan.

Sosialisasi yang diselenggarakan Kamis (2/3) tersebut diikuti ratusan Bhabinkamtibmas di wilayah DKI Jakarta. 

BACA JUGA: Gandeng BSI, BPJamsostek Dorong Pelaku UMKM Jadi Peserta Program

Dirbinmas Polda Metro Jaya Kombespol Badya Wijaya menyampaikan sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan diberikan kepada Bhabinkamtibmas dalam rangka mendukung program pemerintah yang diamanahkan kepada BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan perlindungan jaminan sosial kepada pekerja Indonesia hingga desa atau kelurahan. 

"Masih banyak masyarakat pekerja yang belum mengetahui  program, manfaat dan pentingnya terdaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan," ucap Badya Wijaya.

BACA JUGA: Petugas Keamanan KSP Dapat Santunan BPJAMSOSTEK Rp 342 Juta, Moeldoko: Alhamdulillah

Dia berharap sosialisasi ini diikuti dengan sebaik-baiknya oleh peserta supaya nanti di lapangan bisa diimplementasikan. 

Pada kesempatan sama, Asisten Deputi Direktur Bidang Wasrik dan MR BPJS Ketenagakerjaan Kanwil DKI Jakarta Chairil Arianto berharap bisa melaksanakan amanah yang sudah tertuang dalam perjanjian kerjasama (PKS) antara BPJS Ketenagakerjaan dengan Polri tentang pencegahan dan penanganan ketidakpatuhan pelaksanaan program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. 

Ruang lingkup kerjasamanya di dalam PKS tersebut, jelas Chairul Arianto, di antaranya pertukaran dan pemanfaatan data atau informasi untuk mengetahui apakah masyarakat pekerja di desa atau kelurahan sudah menjadi peserta kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan atau belum. 

Selain itu, memberikan dukungan pencegahan ketidakpatuhan terhadap pelaksanaan program jaminan sosial

"Karena di DKI Jakarta masih banyak pemberi kerja yang belum mendaftarkan tenaga kerjanya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan," ungkapnya mewakili Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan DKI Jakarta Deny Yusyulian.

Chairil Arianto mengatakan sosialisasi terkait BPJS Ketenagakerjaan sangat penting untuk merealisasikan target Maret 2023. Bhabinkamtibmas sudah bisa melakukan sosialisasi dan edukasi di setiap wilayah masing - masing kepada masyarakat pekerja. 

"Tugasnya Bhabinkamtibmas dalam kerja sama ini di antaranya menginformasikan kepada kantor Cabang BPJS Ketenagakerjan  kalau ada kegiatan warga di wilayahnya," ujarnya. 

Agen perisai BPJS Ketenagakerjaan akan datang ke lokasi untuk menjelaskan, mendata, sekaligus termasuk memungut iuran. Tahapan ini ditargetkan akhir Maret akan selesai semua. Bulan April sampai Desember 2023 aktivitas berhubungan dengan masyarakat sudah berjalan. 

Chairil Arianto berharap dengan kerja sama ini semua pekerja formal dan informal khususnya di DKI Jakarta memiliki kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan. Jika pekerja mengalami risiko kerja akan mendapatkan manfaat santunan dari BPJS Ketenagakerjaan. 

Sementara itu, Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Pluit Tetty Widayantie, akan menindaklanjutinya kerja sama dengan Bhabinkamtibmas di wilayah kerja Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Pluit. Tujuan kerja sama tersebut untuk mempercepat perluasan cakupan kepesertaan. 

”Karena Bhabinkamtibmas itu juga ada di kelurahan-kelurahan kota. Jadi, kami juga perlu bekerja sama dengan Bhabinkamtibmas di wilayah kerja kami untuk tugas-tugas sosialisasi dan akuisisi khususnya untuk menjangkau pekerja-pekerja informal,” kata Tetty. 

Dia meyakini kerja sama dengan  tersebut cukup efektif dalam pengembangan program BPJS Ketenagakerjaan. Karena selain membantu tugas-tugas sosialisasi, dan akuisisi, petugas Bhabinkamtibmas diharapkan juga bisa membantu dalam tugas penegakan kepatuhan aturan program BPJS Ketenagakerjaan. (esy/jpnn)


Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler