Permudah Akses Pendaftaran CPNS 2024 & PPPK, Honorer Jangan Gagal

Rabu, 07 Agustus 2024 – 15:58 WIB
Ketua DPD Aliansi Honorer Nasional (AHN) dan DPD SNWI Tendik Provinsi Riau Eko Wibowo (kiri) di Kantor KemenPAN-RB belum lama ini. Foto dok. Ekowi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah diminta mempermudah akses pendaftaran CPNS 2024 dan PPPK. Jangan sampai honorer gagal karena masalah teknis. 

Ketua DPD Aliansi Honorer Nasional (AHN) Provinsi Riau Eko Wibowo mengatakan setiap kali pengadaan PNS dan PPPK, selalu ada kendala teknis. 

BACA JUGA: Pelamar CPNS 2024 & PPPK Sudah Bikin Akun SSCASN? Deputi BKN Beri Info Penting

Belum lagi persyaratan administrasi yang dibuat panitia instansi ternyata menjadi penghalang utama honorer untuk masuk ke tahapan seleksi berikutnya. 

"Banyak honorer tidak bisa ikut seleksi kompetensi karena sudah gagal saat seleksi administrasi, bahkan pendaftaran,' kata Pak Ekowi, sapaan akrab Eko Wibowo kepada JPNN, Rabu (7/8). 

BACA JUGA: Jadwal Pendaftaran CPNS 2024 Sudah Jelas, Seleksi PPPK Ketinggalan

Bagaimana bisa menjadi ASN PPPK, lanjutnya, jika aksesnya dipersulit. Padahal, pengadaan PPPK diprioritaskan untuk honorer.

Dia mencontohkan seleksi PPPK 2023, cukup banyak honorer yang tidak bisa mendaftar karena terganjal oleh persyaratan administrasi.

BACA JUGA: Pendaftaran CPNS 2024 Sebentar Lagi, Pengumuman Kelulusan Januari

"Jadi, belum bertempur sudah kalah dahulu, karena syarat administrasi sulit," ucapnya. 

Persyaratan administrasi yang sulit itu terutama untuk formasi PPPK teknis. Tenaga kependidikan (tendik) tidak bisa melamar karena formasinya tidak ada dan ijazahnya. 

Oleh karena itu, ketua DPD Solidaritas Nasional Wiyatabakti Indonesia (SNWI) Tendik ini meminta penerima tidak membuat sulit honorer saat melakukan pendaftaran CPNS 2024 dan PPPK 2024.

Jangan ada lagi timbul masalah ketika pembukaan pendaftaran PPPK 2024 terhadap honorer, sehingga ujung-ujungnya mereka gagal lagi dalam seleksi.

Seleksi PPPK 2024 harus lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. 

"Pastikan Panselnas, pansel daerah, dan panitia instansi saling berkoordinasi agar guru honorer dan tendik terakomodasi menjadi ASN PPPK," pungkasnya. (esy/jpnn)


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler