Perolehan Medali Indonesia di SEA Games 2023 Melampaui Target Presiden

Selasa, 16 Mei 2023 – 17:38 WIB
Ilustrasi - Menpora Dito mendampingi Presiden Jokowi saat melepas kontingen Indonesia ke SEA Games 2023. Indonesia Bangga! target emas tercapai. Foto: Dok Kemenpora

jpnn.com - JAKARTA - Perolehan medali yang diraih atlet Indonesia di ajang SEA Games 2023 melampaui target sebagaimana sebelumnya disampaikan Presiden Joko Widodo di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (14/5).

Presiden sebelumnya berharap Indonesia dapat meraih di atas 69 medali emas, data sementara menunjukkan kontingen Indonesia telah meraih 76 medali emas, 66 medali perak dan 94 medali perunggu hingga Senin (15/5).

BACA JUGA: SEA Games 2023: Mau Nobar Timnas U-22 Indonesia vs Thailand? Kemenpora Bikin Acara Nih

Total Indonesia berhasil meraih 236 medali, sekaligus membuatnya berada di urutan ketiga klasemen sementara.

"Saya sangat mengapresiasi perolehan medali, karena sudah mencapai 60 (emas). Targetnya memang dari kemarin itu 60, tetapi saya minta di atas 69 medali. Semoga terlampaui,” ujar Presiden Jokowi di Istora Senayan.

BACA JUGA: Indonesia vs Thailand: 2 Pemain Calon Pengganti Pratama Arhan di Final SEA Games 2023

Target yang dicanangkan Presiden Jokowi tersebut sejatinya melebihi sembilan medali emas yang diusung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo beserta seluruh stakeholders olahraga sebelumnya telah menyusun strategi agar kontingen Indonesia meraih 60 medali emas dan menempati urutan ketiga klasemen akhir perolehan medali.

BACA JUGA: Timnas Basket Indonesia Tumbang di Tangan Filipina, Andakara Prastawa Buka Suara

Kontingen Indonesia pada SEA Games kali ini juga berhasil menjadi juara umum di sejumlah cabang olahraga.

Di antaranya, pencak silat, wushu dan balap sepeda.

Pencak silat menjadi salah satu cabang olahraga andalan Indonesia yang berkontribusi menyumbang perolehan terbanyak dengan 9 medali emas.

Kemudian, 7 medali emas dari cabang olahraga atletik juga turut membantu Indonesia mencapai target perolehan medali.

Selain itu cabang olahraga gulat secara mengejutkan juga mampu menyumbangkan 4 medali emas pada hari pertama pertandingan.

Perolehan medali emas Indonesia masih berpotensi bertambah dari cabang olahraga yang baru akan melangsungkan pertandingan final pada Selasa (16/5).

Bulu tangkis setidaknya memastikan tambahan 2 medali emas melalui All-Indonesian Final dari nomor ganda putri dan tunggal putra.

Pada hari yang sama cabang olahraga sepak bola juga diharapkan mampu menorehkan sejarah medali emas pertamanya sejak tahun 1991. (gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... SEA Games 2023: Pelatih Beber Penyebab Timnas Basket Indonesia Keok dari Filipina


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler