Persaingan Bursa Komoditi Bergairah

Jumat, 10 Juli 2009 – 13:30 WIB
JAKARTA- Kondisi krisis global yang masih menghantui hampir seluruh negara termasuk Indonesia, ternyata industri komoditi berjangka makin meningkatHal tersebut dibuktikan dengan hadirnya PT Bursa Komoditi Derivatif Indonesia (BKDI) dan PT Identrust Security International (ISI).

Izin usaha yang telah diterbitkan kepada kedua lembaga tersebut, menurut Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Deddy Saleh mengatakan, saat ini merupakan suatu babak baru bagi Indonesia.

“Di sini akan terjadi persaingan yang sehat di antara bursa berjangka dan lembaga kliring berjangka yang telah mendapat izin usaha dari Bappebti

BACA JUGA: Izin Bengkel Merpati Dicabut

Selain itu akan membawa dampak positif  bagu pengembangan industri perdagangan berjangka komoditi di tanah air,” ujarnya, Jumat (10/7).

Dikatakan, hadirnya BKDI dan ISI  di kancah industri perdagangan berjangka, juga akan memberikan pilihan bagi para pelaku usaha untuk melakukan lindung nilai, alternative investasi dan mendapatkan referensi harga yang sangat dibutuhkan dalam meningkatkan daya saing di pasar global.

“Target ke depannya, tentu saja bursa berjangka di Indonesia bukan hanya menjadi refrensi harga secara nasional, tetapi juga secara internasional,” imbuhnya.

Sekadar diketahui, penyerahan izin usaha kepada BKDI, didasarkan pada Surat Keputusan Kepala Bappebti No 26/BAPPEBTI/KP/ 6/2009 tanggal 23 JUni 2009 sebagai bursa berjangka dan Surat Keputusan Kepala bappebti No 30/BAPPEBTI/KP/7/2009 tanggal 3 Juli 2009 kepada ISI sebagai lembaga kliring berjangka.(cha/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Korea-Jepang Tingkatkan Investasi di Indonesia


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler