Persaingan Sengit Grup B Piala Gubernur Kaltim II

Rabu, 21 Februari 2018 – 19:54 WIB
Bonek. Foto: Jawa Pos/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Grup B Piala Gubernur Kaltim II Tahun 2018 memang diisi oleh satu klub asal Liga 2, Persiba Balikpapan. Namun, bukan berarti tensi tinggi tak akan tersaji. Sebab, tim berjuluk Beruang Madu itu bertindak sebagai tuan rumah.

Praktis, mereka akan tampil all out untuk bersaing dengan Persebaya Surabaya, Madura United dan Sriwijaya FC.

BACA JUGA: 5 Pemain Absen, Persebaya Pincang pada Piala Gubernur Kaltim

Di atas kertas, Persiba memang kurang diunggulkan. Sebab, lawan mereka adalah tim yang bakal berlaga di Liga 1.

Apalagi, Madura United, Persebaya Surabaya dan Sriwijaya FC adalah perempat finalis Piala Presiden 2018. Bahkan, Siwijaya mampu meraih juara ketiga di ajang pramusim itu.

BACA JUGA: Bima Sebut Abimanyu Berpeluang Gabung ke Timnas U-23

Pelatih Persiba Wanderley Junior tak menampik hal tersebut. Menurutnya, kekuatan tiga tim pesaing lebih baik ketimbang Persiba.

Namun, dukungan supporter di stadion Batakan, Balikpapan jadi modal berharga. “Kami juga akan bermain tanpa beban,” kata pelatih asal Brasil itu.

BACA JUGA: Rahmad Darmawan Ingatkan Pemain Mudanya Jangan Jumawa

Praktis, hal itu justru menjadi senjata utama tim tuan rumah. Karena itu Wanderley meminta anak asuhnya bermain lepas dan enggan memikirkan hasil akhir.

“Siapa lawannya itu tidak penting. Yang jelas, saya minta anak-anak fokus dari satu laga ke laga lainnya,” tegasnya.

Selain itu, grup B juga bakal menyajikan derby Jawa Timur. Laga antara Persebaya Surabaya kontra Madura United (24/2) dipastikan berjalan panas.

Apalagi, Madura United sempat menelan kekalahan 1-0 atas Persebaya dalam babak penyisihan grup C Piala Presiden 2018 di stadion Gelora Bung Tomo (28/1).

Pasukan Laskar Sappe Kerrab jelas ingin membalas kekalahan tersebut. “Ini saat yang tepat. Apalagi pemain kami menunjukan grafik yang terus membaik usai Piala Presiden. Secara tim, permainan juga makin kompak,” ungkap pelatih Madura United Gomes de Oliveira.

Motivasi Madura United makin berlipat. Sebab, mereka adalah runner-up PGK jilid I. Praktis, mereka ingin meraih hasil lebih baik ketimbang torehan sebelumnya.

“Kami ingin juara tahun ini,” sambung kapten Madura United Fabiano Beltrame.

Karena itu, Persebaya wajib waspada dengan motivasi Madura United. Meski demikian, Persebaya tak mau ambil pusing.

Bahkan, Persebaya juga mematok target maksimal di ajang pramusim ini. Manajer Persebaya Chairul Basalamah terang-terangan ingin agar timnya bisa menjadi juara.

“Harapannya bisa lebih baik dari sebelumnya (Piala Presiden). Bisa masuk semifinal, kemudian final dan menjadi juara,” kata pria yang akrab disapa Abud ini.

Target ini tak lepas dari kondisi pemain Persebaya yang dinilai makin oke setelah melakukan pemusatan latihan di Jogjakarta.

Apalagi, Green Force –julukan Persebaya- juga sempat melibas PSS Sleman 4-1 dalam laga uji coba.

“Hasil di Jogjakarta membuat saya yakin. Kemampuan pemain inti dan cadangan juga makin merata. Kami optimis,” kata pria 38 tahun itu.

Berbeda dengan Madura United dan Persebaya, Sriwijaya FC tak memiliki target dalam ajang pramusim ini. Ajang ini justru dimanfaatkan untuk menjajal pemain yang sedikit mendapat menit bermain selama Piala Presiden lalu.

“Yang belum mendapat kesempatan turun, akan saya jajal di ajang kali ini. Saya ingin mengukur kemampuan seluruh pemain saya,” beber pelatih Sriwijaya FC Rahmad Darmawan.

Bek Sriwijaya Hamka Hamzah senada dengan sang pelatih. Menurutnya, ajang pramusim lebih pas untuk menetapkan komposisi skuat sebelum Liga 1 bergulir.

“Tak ada target. Makanya kami bermain lepas saja. Sebagai pemain, saya hanya akan menjalankan apa yang diinginkan pelatih,” timpal mantan pemain PSM Makassar ini. (gus/rid)

Grup B PGK II/2018

Persiba Balikpapan

Sriwijaya FC

Persebaya Surabaya

Madura United

Jadwal Grup B

Sabtu, 24 Februari 2018

Persiba vs Sriwijaya FC (MNCTV pukul 15.30 WIB)

Madura United vs Persebaya (MNCTV pukul 19.30 WIB)

Senin, 26 Februari 2018

Sriwijaya FC vs Madura United (MNCTV pukul 15.30 WIB)

Persebaya vs Persiba (MNCTV pukul 19.30 WIB)

Rabu, 28 Februari 2018

Persiba vs Madura United (MNCTV pukul 15.30 WIB)

Persebaya vs Sriwijaya FC (MNCTV pukul 19.30 WIB)

*Seluruh laga digelar di stadion Batakan, Balikpapan

BACA ARTIKEL LAINNYA... Masa Transisi Pemain Berjalan dengan Baik, RD Mengaku Senang


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler