Persaingan Teknologi Hybrid di Mobil Seharga Rp 400 Jutaan

Sabtu, 24 Desember 2022 – 13:25 WIB
Wuling Almaz Hybrid. Foto: Ridho

jpnn.com, JAKARTA - Percepatan kendaraan elektrifikasi yang digaungkan pemerintah, mulai dipicu beberapa produsen secara masif meluncurkan mobil berteknologi ramah lingkungan, satu di antaranya mobil berteknologi hybrid.

Meski belum semua pabrikan otomotif di Indonesia menawarkan mobil hibrida, satu produsen otomotif yang belum genap satu dekade hadir di Indonesia, justru terbilang lebih siap di segmen tersebut, yakni Wuling dengan Almaz Hybrid.

BACA JUGA: Test Drive Wuling Almaz Hybrid: Kombinasi Mesin Atkinson Dengan Elektrifikasi

Selain Wuling Almaz Hybrid, pemain lama seperti Toyota juga sudah menghadirkan jagoannya melalui Innova Zenix.

Keduanya akan bermain di kelas harga Rp 400 jutaan. Dengan kisaran harga yang tak jauh beda, penting bagi konsumen membandingkan keunggulan kedua mobil hybrid tersebut.

BACA JUGA: Wuling Almaz Hybrid Punya 3 Mode, Bisa Mengecas Saat di Lampu Merah

Di atas kertas, nama besar Innova memang telah memiliki tingkat kepercayaan konsumen yang besar.

Namun, hal yang sama juga mulai muncul pada jajaran mobil yang ditawarkan Wuling berkat seabrek teknologi modern yang disematkan.

BACA JUGA: Wuling Almaz Hybrid Mengaspal di Indonesia, Harganya Rp 470 Juta

Dengan teknologi canggih yang tak banyak ditawarkan produsen mobil terkenal, Wuling justru mampu meracik perpaduan mobil yang modern, tetapi dengan harga kompetitif di pasar otomotif Indonesia.

Gebrakan itu pula yang menjadikan Wuling sebagai merek mobil yang sudah mendapatkan reputasi baik di mata konsumen.

Tak terkecuali Wuling Almaz berteknologi hybrid, kepercayaan konsumen terhadap teknologi mobil ramah lingkungan itu sudah dibuktikan melalui data penjualan Air Ev yang berkontribusi cukup besar secara nasional.

Secara keseluruhan, penjualan mobil listrik nasional periode Januari-Oktober 2022 mencapai 5.958 unit.

Angka tersebut meningkat drastis bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu dengan angka penjualan sebanyak 654 unit.

Dari total penjualan mobil hingga Oktober 2022, Wuling Air ev berkontribusi sebesar 72,7 persen terhadap pangsa pasar mobil listrik nasional. Sementara itu, Hyundai Ioniq 5 menorehkan kontribusi sebesar 24,6 persen.

Hal itulah yang membuat Wuling menjadi produsen terpercaya terkait teknologi elektrifikasi.

Terlebih di atas kertas Wuling Almaz Hybrid memiliki keunggulan spesifikasi seperti kekuatan baterai yang digunakan mencapai 1.8 kWh, sedangkan Innova Zenix hanya berkekuatan 1.3 kWh.

"Apalagi sistem hybrid di Almaz juga terbilang pintar dan komplit. Ada 3 mode; ev penuh, series, dan parallel yang semua bekerja secara otomatis demi menjaga kinerja di titik optimal dan efisien," ujar Product Planning Wuling Motors Danang Wiratmoko, di Jakarta.

Soal tenaga, dengan kekuatan baterai yang besar, tentu motor listrik penggerak pada Wuling Almaz Hybrid memberikan tenaga sebesar 176 Ps dengan besaran torsi mencapai 320 Nm. Zenix sendiri memiliki kekuatan tenaga dan torsi di bawahnya.

Tak cukup sampai di situ, Wuling Almaz Hybrid yang dibanderol Rp 470 juta atau hanya terpaut sekitar Rp 50 jutaan dibanding Innova Zenix V Hybrid masih memiliki keunggulan lain.

Misalnya, mulai dari Advanced Driver Assistance System (ADAS), perintah suara berbahasa Indonesia yakni Wuling Indonesian Command (WIND), dan Internet of Vehicle (IoV).Wuling Remote Control App yang dihadirkan melalui IoV memunkinkan pengguna terkoneksi dan memegang kendali kendaraan hanya dengan sentuhan jari melalui aplikasi MyWuling+ dan Head Unit.

Adapun fitur WIND memungkinkan pengoperasian beragam fitur dengan kata kunci 'Halo Wuling'.

Selanjutnya fitur ADAS mampu memberikan kemudahan dan rasa aman saat berkendara, dengan empat kategori fungsi, yakni Adaptive Cruise, Lane Recognition, Safe Distance and Brakoing Assitance, dan Automatic Light, dengan total 12 fitur yang mendukung fitur keselamatan dalam berkendara.

Wuling Almaz Hybrid memiliki empat varian warna yang bisa dipilih, yakni Starry Black, Pristine White, Aurora Silver, dan Carnelian Red.

Soal harganya, Wuling membanderol Almaz Hybrid sebesar Rp 470.000.000 (OTR Jakarta). (rdo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Beli Toyota Innova Zenix Sekarang, Mobil Akan Dikirim Setelah Lebaran 2023


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler